Harga Bawang Merah di Kabupaten Blora Cukup Tinggi

:


Oleh MC Kabupaten Blora, Jumat, 17 Maret 2017 | 09:54 WIB - Redaktur: Kusnadi - 1K


Blora, InfoPublik - Harga bawang merah dan bawang putih di pasar tradisional Blora hingga pekan ini cukup tinggi. Satu kilogram bawang merah seharga Rp40 ribu Sedangkan bawang putih Rp 34 ribu. Kenaikan harga bawang terjadi sejak satu bulan lalu.

“Kenaikannya sudah satu bulan lalu, tapi sepekan ini sudah mulai turun, dari Rp 44 ribu sekarang Rp 40 ribu. Itu untuk bawang merah yang besar. Yang kecil atau sortiran  Rp 30 ribu,” kata Atik, salah seorang pedagang bawang di pasar ril Blora, Jumat (17/3).

Sebulan lalu, kata Atik, harga bawang merah Rp 25 ribu.

Ia menjelaskan bawang merah yang dijual dipasok oleh sales dari Kabupaten Pati dan Rembang.

“Ini saya dipasok sales dari Juwana dan Pati,” jelasnya.

Untuk harga cabai, kata dia, sudah turun dari Rp 90 ribu menjadi Rp 30 ribu jenis cabai rawit dan cabai merah.

Kepala Dinas Pertanian Ketahanan Pangan (DPKP) Ir. Reni Miharti, mengatakan mahalnya harga bawang merah di Blora karena petani di wilayah setempat rata-rata baru selesai tanam bawang dan belum saatnya panen.

“Bahkan ada yang baru persiapan lahan. Seperti di Desa Kemiri, Kecamatan Jepon saat ini masih menunggu saat panen.Nanti mayoritas akan tanam di MT II setelah tanaman padi,” kata Reni Miharti.  

Sementara itu Listiyorini, salah seorang pemilik warung makan di Blora mengemukakan, akibat mahalnya harga bawang menyebabkan penggunaan bawang dikurangi.

“Ya penggunaan bawang dikurangi,” ujarnya. (MC.Kab Blora/Teguh/Kus)