Sekda Bone Bolango Dorong Percepatan Pelaksanaan Reformasi Birokrasi

:


Oleh MC Kabupaten Bone Bolango, Jumat, 17 Maret 2017 | 05:22 WIB - Redaktur: Tobari - 382


Bone Bolango, InfoPublik – Sekda Bone Bolango Ishak Ntoma menegaskan percepatan pelaksanaan reformasi birokrasi di lingkungan organisasi birokrasi di lingkungan pemerintahan Kabupaten Bone Bolango adalah menjadi suatu keharusan.

“Birokrasi jangan melempem. Birokrasi harus dibarengi dengan pengawasan yang kuat,” tegas Sekda Bone Bolango Ishak Ntoma di depan 40 peserta Diklat PIM IV angkatan V Kabupaten Bone Bolango, di Gedung Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Gorontalo di Kecamatan Tilongkabila, Kamis (16/3).

Didampingi Kepala BKKPD Bone Bolango Zainal Abdi Ilolu dan Kabid Pengembangan dan Diklat Non Adelina Lalu, Sekda mengatakan, PIM IV kali ini nuansanya beda, karena adanya impropisasi dan ada inovasi. 

Sekda Ishak Ntoma menambahkan, ada beberapa hal dalam isu strategis dalam pelaksanaan reformasi birokrasi, di antaranya lemahnya penegakan hukum, rendahnya komitmen pencegahan dan pemberantasan korupsi, aparat pengawasan internal pemerintah masih lemah.

Selain itu, kualitas akuntabilitas kinerja instasi pemerintahan masih rendah, pengadaan barang dan jasa belum dapat diselenggarakan secara efisien,

Selanjutnya, organisasi gemuk fragmenterd dan tumpang tindih, penerapan e-goverment belum merata, masih rendahnya kompetensi, belum sesuai dengan kebutuhan dalam jabatan kinerja, integritas ASN yang masih rendah, dan kualitas pelayanan publik masih rendah.

“Saat ini, tahapan dalam pelaksanaan reformai birokrasi memiliki target agar efektif dan ekonomi, fokus pada upaya mewujudkan hasil, menerapkan manajemen kinerja yang didukung dengan penererapan sisem berbasis elektronik dan setiap individu pegawai memiliki kontribusi yang jelas terhadap kinerja organisasi," jelas Sekda Ishak Ntoma.

Sekda mengungkapkan sasaran reformasi birokrasi berdasarkan isu strategis yakni birokrasi yang bersih dan akuntabel, birokrasi yang efektif dan efisien dan birokrai yang memiliki pelayanan publik berkualitas.

Sekda pun menyinggung soal pelayanan birokrasi yang terus melakukan perbaikan, seperti Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Didukcapil) Bone Bolango dengan layanan jemput bola di masyarakat. 

Sekarang akta kematian dan akta kelahiran bisa didapatkan secara cepat.”Kalau ada warga Bone Bolango yang meninggal aktanya bisa langsung diantarakan. Di BKPPD Bone Bolango juga demikian, administrasi kepegawaian kian baik,”papar Sekda Ishak Ntoma. (MC.Bone Bolango/Hms/Afik/Kadir/toeb)