Jakarta, Infopublik - KH Hasyim Muzadi mengembuskan napas terakhir pagi ini, Kamis (16/3) tokoh Nahdlatul Ulama itu wafat di usia 72 tahun.

Atas kabar duka tersebut, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi dan keluarga besar Kemenpora mengucapkan turut berduka cita atas wafatnya salah satu ulama besar Indonesia tersebut. 

Dalam twitternya Menpora mengucapkan turut berduka cita sedalam-dalamnya. "Innalillahi, selamat jalan KH Hasyim Muzadi, kita kehilangan sosok ulama besar & tokoh pemersatu umat. Semoga khusnul khotimah. Alfaatihah," kata Menpora.

KH Hasyim Muzadi, yang lahir pada 8 Agustus 1944, wafat setelah menjalani perawatan intensif di RS Lavalette, Malang, Jawa Timur. Menurut rencana, jenazah KH Hasyim Muzadi akan dibawa ke Jakarta untuk dikebumikan di Pondok Pesantren Al-Hikam, Depok. Menpora Imam Nahrawi sendiri dijadwalkan akan hadir dalam proses pemakaman jenazah.  

KH Hasyim Muzadi adalah figur yang disegani oleh seluruh umat Islam. Sosok Kiai Hasyim tidak hanya dikenal oleh umat islam Indonesia tapi juga umat Islam dunia. Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh Kiai Hasyim adalah kekuatan humornya. Kelebihanya selain ahli bahasa Arab dan Inggris, beliau juga memiliki kekuatan untuk menyegarkan keadaan.