Bulungan, InfoPublik-Kementerian ESDM akan melakukan audit energi di Kabupaten Bulungan khususnya di kantor pemerintahan dan fasilitas pelayanan publik.

Sedangkan untuk tingkat Provinsi Kalimantan Utara, Kabupaten Bulungan menjadi daerah pertama yang mendapat audit energi listrik.

“Rencananya minggu depan atau minggu ketiga Maret 2017 ada tim audit energi dari Kementerian ESDM yang akan masuk ke Bulungan,” ungkap Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Ir Hamdani saat memimpin apel pagi di halaman Kantor Bupati Bulungan, Kamis (16/03).

Dilanjutkan, audit energi rencananya dilakukan di Kantor Bupati Bulungan yang terdiri sekretariat, Bappeda serta Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah. Lalu di fasilitas pelayanan publik yaitu Rumah Sakit Soemarno Sosroatmodjo.

“Tujuan utama audit yaitu menciptakan penggunaan energi yang efisien, maksudnya efisien energi itu tidak hanya hemat energi tapi tepat guna,” imbuhnya.

Ditambahkan, sebelumnya juga sudah ada surat edaran dari Dinas ESDM Kaltara yang meminta agar kantor-kantor pemerintahan melakukan penghematan energi khususnya pada lampu, AC dan peralatan elektronik lainnya.

Ini sesuai amanat Peraturan Menteri ESDM No 13 Tahun 2012 tentang Penghematan Pemakaian Listrik. Data dari Kementerian ESDM mengungkapkan, sektor bangunan di Indonesia bertanggungjawab terhadap 50% dari total pengeluaran energi dan lebih dari 70 % konsumsi listrik secara keseluruhan.

Sektor bangunan juga berkontribusi terhadap 30% emisi Gas Rumah Kaca di Indonesia. Program penghematan energi yang dilakukan di gedung pemerintah merupakan bentuk awal dari manajemen energi yang dapat membantu tercapainya penurunan biaya energi di gedung secara keseluruhan.

“Kita berharap Kabupaten Bulungan dapat menjadi contoh yang baik bagi daerah lain di Kaltara dalam penggunaan energi yang efisien,"ujarnya.