Pembangunan Sektor Kesehatan Jadi Prioritas Kabupaten Semarang

:


Oleh MC Kabupaten Semarang, Rabu, 15 Maret 2017 | 11:48 WIB - Redaktur: Kusnadi - 877


Ungaran, InfoPublik - Bupati H Mundjirin mengajak warga Kabupaten Semarang untuk terus bekerja keras mendukung program pembangunan daerah. Sebab hanya dengan dukungan dari warga proses pembangunan akan dapat berjalan lancar. Salah satu prioritas adalah peningkatan kapasitas RSUD Ungaran lewat pembangunan gedung tujuh lantai.

“Tahun ini kita konsentrasi ke (pembangunan) Rumah Sakit (Umum Daerah) Ungaran dulu. Sedangkan rencana pemindahan pusat pemerintahan ke Bawen prosesnya masih panjang. Sebab masih butuh kajian mendalam dan membutuhkan dana yang tinggi,” terang Bupati usai apel besar peringatan HUT ke-496 Kabupaten Semarang tahun 2017 di alun-alun Bung Karno, Kalirejo, Ungaran Barat, Rabu (15/3) pagi.

Seperti diketahui, Pemkab Semarang berencana menambah kapasitas RSUD Ungaran dengan membangun gedung baru setinggi tujuh lantai. Pembangunan gedung senilai Rp100 juta itu akan dilaksanakan dalam dua tahap dan tahap pertama direncanakan selesai Desember 2017.

Rencananya gedung baru itu akan dilengkapi lahan parkir, pujasera dan empat lantai teratas akan digunakan untuk ruang rawat inap.

Ditambahkan oleh Bupati H Mundjirin, rencana pemindahan pusat pemerintahan Kabupaten Semarang  ke Bawen saat ini masih sebatas kajian lokasi saja. Padahal masih diperlukan berbagai kajian dari berbagai aspek termasuk sosial, budaya, ekonomi dan politik. Bahkan, dia juga memastikan rencana itu tidak bisa selesai dalam periode masa kepemimpinannya.

Sedangkan untuk penataan kawasan wisata Bandungan, lanjut Bupati, malah sudah mencapai tahapan lebih lanjut.

“Sudah ada pandangan calon lokasi untuk memindahkan (kantor) Kecamatan (Bandungan). Tinggal memilih kajian unutk tanah mana yang mau dipakai dan dipresentasikan di dewan (perwakilan rakyat daerah),” jelasnya lagi.

Apel besar Peringatan HUT ke-496 Kabupaten Semarang berlangsung lancar dan khidmat. Ratusan peserta apel berasal dari berbagai unsur masyarakat seperti PNS, PGRI dan pelajar. Hadir pula pada apel itu Wakil Bupati Ngesti Nugraha, anggota Forkompinda, Sekda Gunawan Wibisono, para pimpinan OPD dan undangan lainnya.

Sementara itu terkait peringatan HUT Kabupaten Semarang, Bupati mengimbau semua komponen masyarakat untuk menjadikannya sebagai momentum mawas diri. Partisipasi masyarakat dalam proses pembangunan dan kinerja para pelaksana pemerintahan perlu terus ditingkatkan guna mewujudkan Kabupaten Semarang yang semakin maju dan mandiri.

Usai pelaksanaan apel, Bupati H Mundjirin didampingi Wabup Ngesti Nugraha dan forkompinda menyerahkan secara simbolis sertifikat hak milik atas tanah melalui program Proda 2016 dan Prona 2017.

Diserahkan pula bantuan pemugaran rumah tidak layak huni wilayah perkotaan untuk dua orang warga Kelurahan Kalirejo Kecamatan Ungaran Timur. Selain itu juga diserahkan piala dan penghargaan untuk berbagai macam lomba dalam rangka peringatan HUT ke-496 Kabupaten Semarang tahun 2017.

Di antara para pemenang itu adalah TP PKK Kecamatan Tengaran sebagai juara cipta menu beragam bergizi, seimbang dan aman (B2SA) dan SDN Langensari 3 Ungaran yang meraih penghargaan predikat sekolah adiwiyata tingkat Provinsi Jateng tahun 2016.

Selain itu juga diberikan penghargaan buah durian unggulan milik Hari Krishadi, warga Dusun/Desa Kebondowo Banyubiru, buah alpukat unggulan milik Suyitno wrga Dusun / Desa Trayu, Kecamatan Sumowono, dan klengkeng unggulan milik Tukiman, warga Dusun Kemloko, Desa Bergas Kidul, Kecamatan Bergas.

Sedangkan penghargaan untuk pasangan keluarga harmonis diberikan kepada pasangan Soleman dan Milka Sartinah dari Kecamatan Tuntang serta kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) Putri Rawa Sejati dari kecamatan Bawen memperoleh penghargaan UPPKS teladan.(*/junaedi/Kus)