Tugas Bamus Menampung dan Menyalurkan Aspirasi Masyarakat

:


Oleh MC Kabupaten Padang Pariaman, Rabu, 15 Maret 2017 | 09:02 WIB - Redaktur: Tobari - 1K


Padang Pariaman,  InfoPublik – Wakil Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur menekankan pentingnya peran Badan Musyawarah (Bamus) dalam setiap nagari, karena Bamus, diistilahkan layaknya DPR, juga memiliki andil dalam mengontrol kinerja eksekutif yang berada di wilayahnya masing-masing.

Suhatri Bur juga memaparkan tugas pokok yang harus dijalankan oleh anggota Bamus sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa. Ini disampaikan saat menghadiri acara pelantikan dan pengambilan sumpah anggota Bamus nagari se Kecamatan Lubuk Alung, di Lubuk Alung, Jum’at (10/3).

Ia mengatakan tugas pertama bagaimana membuat batas wilayah dan peta-peta wilayah. Jika tidak, batas wilayah akan bisa memicu selisih paham antara satu nagari dengan nagari lainnya.

“Oleh sebab itu kita harus dudukkan, jangan sampai anak cucu kita tidak tahu batas dan jangan sampai ada yang memisahkan tapal batas antar nagari,” katanya. 

Suhatri Bur menambahkan, tugas lainnya yang tak kalah penting diemban oleh Bamus adalah menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat serta membahas dan mengesahkan peraturan nagari (pernag). 

"Bamus diharapkan bersinergi dengan Wali Nagari dan berupaya menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat agar apa yang menjadi keinginan masyarakat dapat terwujud dengan baik. Bersama-sama Wali Nagari menyatukan visi agar tercipta peraturan nagari yang membawa kesejahteraan bagi masyarakat," katanya.

Sesuai dengan Undang-Undang Desa, Bamus tidak diperbolehkan menjadi pengurus partai politik. Oleh karenanya ia berharap kepada seluruh anggota Bamus yang dilantik untuk tidak berkecimpung dalam dunia perpolitikan. 

Salah seorang tokoh masyarakat, Irwandi Sulin, mengatakan Bamus ini perannya besar sekali yang menentukan arah kebijakan nagari dan menyampaikan harapan masyarakat. 

Ia berharap dengan adanya pemekaran nagari, persatuan dan kesatuan Lubuk Alung tetap terjaga. Lubuk Alung mempunyai potensi yang tidak dimiliki oleh nagari lainnya. Lubuk Alung memiliki sumber daya manusia dan sumber daya alam yang melimpah. 

Irwandi mengajak semua masyarakat Lubuk Alung untuk mendukung program pembangunan yang telah diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman. 

"Mari kita dukung program pembangunan Pemkab Padang Pariaman dan sekaligus membangun Lubuk Alung dengan konsep kebersamaan dan memaksimalkan potensi yang ada seperti pariwisata bisa kita kembangkan dengan baik. Apabila semua ini terwujud maka akan mendatangkan multiflier effek terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat Lubuk Alung," jelas Irwandi. 

Saat ini Lubuk Alung memiliki 3 perguruan tinggi, yaitu STKIP, Akbid dan Stikes. Di bidang pariwisata, Lubuk Alung menyimpan begitu banyak objek wisata yang mengundang decak kagum wisatawan yang berkunjung kesana, serta dibangunnya stadion guna pembukaan Porprov tahun 2018. 

Pelantikan ini disaksikan oleh anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat H.Darmon, Camat Lubuk Alung Imran, Babinsa Lubuk Alung Fauzi, Plt. Kabag Humas dan Protokol Handre, Kabid Pemerintahan Desa/Nagari Heriza Syafani, alim ulama serta masyarakat Lubuk Alung sekitarnya. (MC Padang Pariaman/ Andri SM/toeb)