Masyarakat Desa Dekai Senang Aliran Listrik Sudah Terangi Permukiman

:


Oleh Tri Antoro, Selasa, 14 Maret 2017 | 22:22 WIB - Redaktur: Gusti Andry - 1K


Jakarta, InfoPublik - Masyarakat Desa  Dekai, Distrik Seradala, Kabupaten Yahukimo, Provinsi Papua senang aliran listrik telah menjangkau setiap permukiman warga. 

"Masyarakat senang adanya Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) yang diberikan pemerintah," ujar Koordinator Guru Dinas Pendidikan Kabupaten Yahukimo Alfonsius Matly di Kramat Sentiong Jakarta, Selasa (14/3). 

Menurut dia, masyarakat pada malam hari saat ini bisa melakukan banyak hal, karena mempunyai penerangan dari mulai pukul 17.30 WIT hingga 09.00 WIT.  Dahulu aliran listrik hanya menjangkau kantor-kantor pemerintahan dan pelayanan rumah sakit. 

"Saat ini perekonomian masyarakat bisa berjalan pada malam, apalagi bagi anak-anak dapat belajar," katanya. 

Pemerintah daerah dibantu pusat, pada pertengahan 2015 telah mengaliri listrik ke permukiman, dan telah mengaliri sekitar 200-300 rumah tinggal di Desa Dekai yang sebagian mata pencahariannya petani perkebunan. 

Dia berharap pemerintah melalui instansi terkait mampu mengaliri listrik di Desa Dekai selama 24 jam penuh. Apalagi dengan adanya bantuan pesawat yang dihibahkan dari Presiden Joko Widodo sewaktu berkunjung Oktober 2016, untuk mengangkut Bahan Bakar Minyak (BBM). 

Selama ini menurutnya, untuk mendapatkan distribusi BBM masyarakat harus menunggu air pasang ke sungai Brasa yang panjangnya sekitar  300 meter. Apabila tidak pasang, masyarakat tidak bisa mendapatkan BBM, akibatnya aliran listrik terhambat. 

"Adanya pesawat yang mempunyai muatan hingga 30-40 ton itu khusus untuk mengangkut BBM," ujarnya.