Surabaya, InfoPublik - Pangdam V Brawijaya diagendakan bakal mengikuti agenda touring menggunakan motor trail di Gunung Bromo, Minggu (19/3), yang dilakukan mulai rute awal di depan Balaikota Malang dan finish di gunung Bromo dengan total jarak sekitar 52 km.

“Kegiatan ini menjadi bagian dari olahraga sembari menikmati nuansa alam pegunungan yang direncanakan kegiatan Touring and Trail. Kegiatan ini diikuti oleh Pangdam V/Brawijaya dan para jajaranya,” kata Komandan Korem 083/Bdj Kolonel Arm Eko Budi Mulyono saat dikonfirmasi, Selasa (14/3).

Guna menyiapkan kegiatan tersebut, pihaknya juga telah mengecek rute perjalanan yang akan dilintasi menggunakan motor trail. “Kami sudah mengecek kesiapan dan meyakinkan rute yang akan dilewati Touring Trail bersama Pangdam di Gunung Bromo,” jelasnya.

Pengecekan rute itu dilakukan bersama Dandim 0818 Kab Malang – Batu Letkol Arm Muridan, Pabung Mayor Inf Budi Santoso, Danramil jajaran Kodim 0818 Kab Malang – Batu, Dantim Hub Lettu Chb Bambang dan Bapel Korem 083/Bdj Pelda Hary.

Ia menjelaskan, dipilihnya lokasi dari Malang ke Bromo ini, karena panorama pegunungan dan perbukitan yang indah dan menantang. Hal itu  tentunya sangat mendukung dan menambah daya tarik untuk menggelar kegiatan olahraga alam tersebut.

Menurutnya, ada beberapa manfaat mengikuti touring trail. Di antaranya, menjalin persaudaraan, menambah relasi dan koneksi, menumbuhkan rasa empati, melatih konsentrasi dan fokus pikiran serta cepat mengambil keputusan dalam mengukur kemampuan diri sendiri. Dan yang lebih penting lagi menyatu dan mencintai alam. (MC Diskominfo Prov Jatim/non-afr/toeb)