Pemprov Jatim Luncurkan Mobil Sapu Angin XI Evo 1

:


Oleh MC Provinsi Jawa Timur, Senin, 13 Maret 2017 | 18:56 WIB - Redaktur: Tobari - 346


Surabaya, InfoPublik - Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf meluncurkan mobil Sapu Angin XI Evo 1 yang merupakan mobil paling hemat energi karya mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya di depan kantor Dinas Perhubungan dan LLAJ Jawa Timur, Surabaya, Minggu (12/3).

Mobil yang mampu berhemat 350-400 km per 1 liter BBM ini, akan berlaga pada event internasional di Singapura dan Jepang.

Gus Ipul panggilan akrab Saifullah Yusuf, mengatakan dengan peluncuran mobil Sapu Angin ini, maka Jatim melalui ITS bisa membuat inovasi yang berkaitan dengan kepentingan masa depan.

Sebab diperkirakan persediaan bahan baku energi nantinya akan habis, seperti oil dan gas yang menjadi andalan bangsa Indonesia sejak tahun 70-an. "Dipresikdi 50 tahun kedepan akan berkurang drastis, maka kita perlu energi-energi terbarukan dengan menciptakan inovasi-inovasi," katanya.

Dikatakannya, Sapu Angin merupakan mobil karya anak bangsa yang tidak kalah dengan negara lain. “Dengan mencari inovasi-inovasi baru seperti kendaraan ciptaan anak-anak ITS, maka akan diproduksi secara massal. Dalam hal ini yang diuntungkan adalah publik atau masyarakat luas," ujarnya.

Karena itu, lanjut Gus Ipul, setiap Inovasi harus dihargai, sebab inovasi merupakan salah satu jalan untuk memberikan kebutuhan dan pelayanan bagi masyarakat.

Pemprov Jatim mengajak ITS untuk untuk ikut memberikan solusi-solusi, memberikan inovasi di bidang teknologi kemudian dapat diproduksi secara massal. Sebagai contoh mobil yang hemat energi Sapu Angin diharapkan bisa menjadi inspirasi oleh pengambil keputusan dalam hal ini pemerintah.

Sebelumnya, Pemprov Jatim juga telah meminta ITS membuat sebuah grand desain masa depan . “Kami sebelumnya sudah bekerjasama dengan ITS di bidang riset bikin grand desain transportasi untuk kepentingan Jatim pada 50-100 tahun mendatang," ujar Gus Ipul.

Kepala Dinas Perhubungan Jawa Timur Wahid Wahyudi, yang juga sebagai Ketua Pengurus Wilayah Ikatan Kelurga Alumni (PW IKA ITS), mengatakan mobil Sapu Angin X1 Evo 1 yang dibuat ITS, mampu berjalan selama 100km/per jam dalam waktu 6 detik dibandingan Mobil Alphard yang memeliki 2.400 cc dengan kecepatan 100/km perjam dalam 11 detik. Bulan September 2017, Sapu Angin akan berlaga di Jepang.

Mobil ini mempunyai kelebihan hemat energi, bila bahan bakarnya berupa 1 liter solar, maka akan mampu berjalan sepanjang 340 km. Sedangkan jika bahan bakar 1 liter bensin bisa berjalan sepanjang 400 km.

Sapu Angin XI Evo 1, merupakan mobil paling irit di dunia karya mahasiswa ITS Surabaya. Ketua tim Sapu Angin, Anas Fauzi mengatakan, kendaraan ini selanjutnya bakal diikutsertakan dalam event kompetisi Shell Eco Marathon yang tahun ini digelar di Singapura.

Di ajang ini, Sapu Angin sudah enam kali meraih gelar juara. Kali ini, Sapu Angin bakal berkompetisi di kelas Urban Concept Diesel tingkat Asia.

Mobil Sapu Angin XI Evo 1 merupakan generasi ke-11 yang sudah berevolusi. Sebab, Sapu Angin 11 sebelumnya sempat terbakar dalam kompetisi di London pada tahun 2016.

Anas menjelaskan, mobil ini baru berupa purwarupa atau prototipe dan belum bisa diproduksi secara massal. Meski demikian, adanya upaya untuk menciptakan mobil hemat energi patut diapresiasi.

Dalam peluncuran mobil Sapu Angin XI Evo 1 juga dilakukan lelang kaos dan replika mobil sebagai penggalangan dana untuk pembiayaan perjuangan tim Sapu Angin berkompetisi di Singapura.

Kaos Sapu Angin yang ditandatangani Gus Ipul laku di harga Rp40 juta. Replika mobil laku Rp10 juta. Sementara kaos dan replika yang bertanda tangan Dwi Sucipto,, Joni Hermana dan M Nuh juga laku jutaan rupiah.

Dalam peluncuran Mobil Sapu Angin karya anak ITS ini juga dihadiri mantan Mendiknas Muhammad Nuh, mantan ketua IKA ITS Dwi Sucipto, Rektor ITS Prof Ir Joni Hermana, M.Sc.ES. Ph.D. serta alumni pengurus IKA ITS dan para mahasiswa ITS.

Selain peluncuran mobil Sapu Angin juga dilakukan pengukuhan Pengurus PW IKA ITS Jatim yang diketuai oleh Wahid Wahyudi yang juga Kepala Dinas Perhubungan Jatim.(MC Diskominfo Prov Jatim/non-her/toeb)