Gubernur Jambi Berikan Bantuan Kepada Masyarakat Korban Banjir

:


Oleh MC Prov Jambi, Senin, 13 Maret 2017 | 10:53 WIB - Redaktur: Tobari - 454


Muara Tembesi, InfoPublik - Gubernur Jambi H.Zumi Zola, S.TP,MA meninjau rumah-rumah masyarakat yang mengalami banjir di Kelurahan Pasar Muara Tembesi, Kecamatan Muara Tembesi, Kabupaten Batanghari, Minggu (12/3). Pada kesempatan tersebut, Zola memberikan bantuan kepada masyarakat korban banjir.

Zola memberikan bantuan secara simbolis kepada perwakilan masyarakat korban banjir di Muara Tembesi tersebut. Bantuan yang diberikan berupa beras 1 ton, lauk pauk 200 paket, selimut 180 lembar,  matras 180 unit, terpal 150 unit, dan Foodware 100 unit.

Bupati Batanghari H.Syahirsah mendampingi gubernur dalam peninjauan dampak banjir dan pemberian bantuan tersebut. Tampak di lokasi tenda dan posko bantuan dari pemerintah, baik dari Pemerintah Pusat melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Pemerintah Provinsi Jambi, maupun dari Pemerintah Kabupaten Batanghari.

Zola menyatakan, di beberapa kabupaten dan kota di Provinsi terjadi musibah banjir, dan Pemerintah Provinsi Jambi telah memberikan berbagai bantuan.

Zola menekankan seluruh korban banjir harus mendapatkan bantuan. "Kalau masih kurang, tolong berikan kepada kami, kalau provinsi juga kekurangan, saya yang akan minta kepada Menteri Sosial," ujar Zola.

Gubernur Zola mengimbau masyarakat untuk sama-sama mendoakan agar banjir cepat berlalu. "Kita berdoa agar bencana ini bisa kita lewati. Kita berdoa dan berusaha," katanya.

Ia mengatakan, ada program dari Pemerintah Pusat, jika sawah masyarakat gagal panen karena terendam banjir, maka diberikan bantuan 1 Ha Rp6 juta, tetapi harus didaftar dulu, untuk itu harus didata.

"Sama-sama kita ketahui bahwa di Provinsi Jambi ini sedang dilanda musibah banjir, di Batanghari, Bungo, dan kabupaten-kabupaten lain. Pemprov dan Pemkab bekerjasama untuk bisa cepat memberikan bantuan kepada para korban banjir ini, hari ini kita lakukan di Batanghari,” kata Gubernur.

Sebelumnya juga sudah kita salurkan beras dan bantuan lainnya. Kemarin di Bungo minta tambahan beras 4 ton. Kita akan salurkan lagi bantuan beras, lauk-pauk, sarden, terpal, matras.

“Kalau masih kurang juga, cepat berikan informasi kepada kami. Kalau di Provinsi tidak mencukupi karena harus memberikan bantuan kepada beberapa kabupaten/kota, saya nanti akan minta kepada Menteri Sosial, insyaallah beliau akan merespon dengan cepat, yang penting koordinasinya," kata Zola.

Kita mohon doa dari seluruh masyarakat Provinsi Jambi agar banjir ini bisa cepat dilalui, dan alhamdulillah di Batanghari ini. Gubernur mendapat laporan bahwa banjir sekarang sudah mulai surut.

Zola mengungkapkan, terjadinya banjir dipengaruhi oleh kondisi iklim secara global, kemaraunya lebih panjang daripada musim hujan, musim hujan memang lebih pendek, tetapi debit airnya besar sekali yang mengakibatkan terjadi banjir, bukan hanya di Jambi, tetapi juga di provinsi-provinsi lainnya.

"Yang kedua, adanya daerah yang pasang surut. Yang ketiga, harus kita kaji, apakah ada kaitannya dengan aktivitas perusahaan, ini harus ada laporan dari kabupaten-kabupaten, kalau memang seperti itu harus kita tindaklanjuti," lanjut Zola.

Ia mengimbau, besok surat keluar, dan akan ditandatanganinya, Pemerintah Kabupaten/Kota dan Pemerintah Provinsi sudah memberikan bantuan. Mohon kepada perusahaan, terutama di daerah tempat mereka beroperasi untuk memberikan bantuan kepada masyarakat korban banjir.

Zola mengucapkan terimasih kepada perusahaan yang telah memberikan bantuan kepada masyarakat korban banjir, tetapi dengan kondisi seperti ini mohon kalau bisa ditambah lagi, ini semata-mata untuk masyarakat," kata Zola.

Bupati Batanghari, H.Syahirsah menyampaikan, Pemerintah Kabupaten Batanghari memberikan bantuan berupa beras dan bahan makanan lain.

"Di Kabupaten Batanghari, baru 3 perusahaan yang telah memberikan bantuan kepada masyarakat korban banjir, yakni Nanriang memberikan 500 Kg beras, Kedaton memberikan 300 Kg, dan  DBS memberikan 500 Kg. (MC.Humas Prov.Jambi/toeb).