Bupati Hamim Pou Ajak Warga Galakkan Tanam Pohon Bambu

:


Oleh MC Kabupaten Bone Bolango, Sabtu, 11 Maret 2017 | 02:00 WIB - Redaktur: R. Mustakim - 730


Bone Bolango, InfoPublik - Bupati Bone Bolango Hamim Pou menyatakan ada satu kearifan lokal yang bisa dibuat dan dilakukan oleh masyarakat untuk menanggulangi bencana banjir yang diakibatkan luapan air sungai di setiap musin hujan.

Salah satu cara yang bisa dilakukan yakni dengan menanam bambu di bantaran sungai. “Orang tua kita dulu jika mau menahan air atau menanggulangi banjir itu mereka tanam bambu di bantaran sungai, tapi sayangnya kearifan lokal dan tradisi tersebut kenapa kita tinggalkan,” ujar Bupati Hamim Pou dihadapan warga masyarakat Desa Tulo’a Kecamatan Bulango Utara, Jumat (10/3).

Menurut Bupati Hamim Pou, sebagian besar desa di wilayah Kecamatan Bulango Utara, termasuk Desa Tulo’a sering mengalami bencana banjir setiap turun hujan deras, karena meluapnya air sungai Bulango.

Nah, salah satu kearifan lokal yang bisa kita lakukan untuk menanggulangi bencana banjir tersebut, kata Bupati yakni menanam pohon bambu disepanjang bantaran sungai.

“Pohon bambu ini nantinya akan berfungsi menahan air sungai ketika banjir. Dengan demikian air sungai tidak akan merembet bahkan meluap ke lahan-lahan pertanian maupun pemukiman warga,” jelas Bupati Hamim Pou.

Karenanya, Bupati Hamim Pou meminta kepada seluruh kades dan warga masyarakat di Kecamatan Bulango Utara khususnya desa-desa yang sering dilanda banjir agar kembali menggalakkan kearifan lokasi tersebut. 

Menanam bambu di bantaran sungai, kata Hamim Pou, ini salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk menanggulangi banjir sambil menunggu bantuan maupun program dari pemerintah. “Mari kita galakkan kembali penanaman pohon bambu di sepanjang bantaran sungai Bulango,” ajak Bupati Hamim Pou. (MCBone Bolango/Hms/Kadir)