Pariaman, InfoPublik - Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Ade Supandi, pada hari kedua di Kota Pariaman, Kamis (9/3), memberikan kuliah umum di Aula STIE Sumbar Kota Pariaman bersama 1.000 mahasiswa-mahasiswi dari 8 Sekolah Tinggi yang ada di Pariaman.

Dalam kesempatan tersebut, jenderal bintang empat memaparkan arti pentingnya survei dan pemetaan untuk ketahanan maritim wilayah perairan laut yang penting dilakukan untuk mendukung ketahanan nasional.

Dalam materinya, KSAL menjelaskan tentang 3 elemen penting dalam membangun nasionalisme, yakni bahasa yang merupakan alat untuk menyebarkan paham dan kesadaran tentang kebangsaan, sejarah dalam bentuk tertulis sebuah manifestasi bahasa yang digunakan untuk membangun kesadaran nasional, serta pendidikan sebagai sarana untuk memperteguh rasa nasionalisme.

“ Kekayaan laut yang tersebar luas di hamparan samudera ini menjadikan Indonesia berpotensi sebagai poros maritim dunia yang didukung dengan posisi strategis antar dua benua dan dua samudera,” jelasnya.

Pihaknya, bersama TNI-AL, mendukung visi misi Presiden Joko Widodo untuk mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia yang harus didukung seluruh komponen bangsa dengan turut terlibat dan berkontribusi dalam upaya pengelolaan pertahanan dan keamanan maritim Indonesia, termasuk dari perguruan tinggi.

Di akhir kuliah, KSAL memberikan kuis kepada peserta kuliah dengan hadiah yang disediakannya, dimana terlihat antusiasme yang tinggi dari para mahasiswa-mahasiswi yang mengikuti kuliah dalam berebut menjawab pertanyaan.

Kuliah umum ini juga dihadiri oleh Walikota Pariaman Mukhlis Rahman, Danlantamal II Padang Laksma TNI Rudwin Thalib, Wawako Pariaman Genius Umar, Ketua DPRD Kota Pariaman Mardison Mahyudin, Kapolres Pariaman AKBP Ricko Junaldy, Sekdako Pariaman Indra Sakti, Forkopimda Pariaman.

Serta, Ketua Yayasan STIE Sumbar Kota Pariaman Nurtati, Kepala SOPD, Kasdim 0308 Pariaman, Rektor dan Ketua Yayasan Perguruan Tinggi se-Sumbar, Kepala Sekolah SD/SMP/SMA se-Kota Pariaman. (phaik/toeb)