Sumbawa Berupaya Terwujudnya Universal Healt Coverage

:


Oleh MC Kab. Sumbawa, Kamis, 9 Maret 2017 | 02:44 WIB - - 397


Sumbawa, InfoPublik - Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bima Elly Widiani berharap pada tahun 2019 mendatang seluruh penduduk Kabupaten Sumbawa telah terdaftar dalam Program Program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat  (JKN-KIS) atau terwujud Universal Health Coverage, sesuai amanat Peraturan Presiden Nomor 111 Tahun 2013 tentang Jaminan Kesehatan.

Harapan tersebut disampaikan oleh Elly Widiani saat pertemuan Forum  Komunikasi Pemangku Kepentingan Utama Kabupaten Sumbawa Tahun 2017, yang berlangsung di Ruang Aula H. Hasan Usman  Lantai 1 Kantor Buapati Sumbawa, Kamis (9/3).

Dalam paparannya, Elly Widiani menjelaskan, berdasarkan data dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sumbawa, dari 507.715 jiwa penduduk Kabupaten Sumbawa, sebanyak 289.269 jiwa atau setara dengan 56,98% sudah terdaftar dalam Program JKN-KIS, sementara sisanya sebanyak 218.446 jiwa atau sekitar 43,02% masih  akan terus diupayakan dengan tetap berkoordinasi bersama Pemerintah Daerah.

Elly Widiani menambahkan, hal tersebut dicapai dengan keterlibatan tiga unsur penting, yaitu pihak perusahaan sebagai pemberi kerja untuk mendaftarkan karyawan/karyawatinya, kesadaran mandiri masyarakat dan peran pemerintah daerah  dengan mendaftarkan masyarakat yang belum menjadi peserta Program JKN-KIS.

Elly Widiani berharap, dalam rangka peningkatan cakupan dan layanan perlu diterapkan Law Inforcement bagi Badan Usaha yang belum patuh, mewajibkan satuan kerja sampai ke pemerintah desa untuk mendaftarkan tenaga kontrak, honorer, dan aparat desa dengan menganggarkan melalui APBD dan APBDes dan pengalihan peserta yang menungggak menjadi peserta yang ditanggung melalui APBD.

Ia juga berharap peningkatan status puskesmas menjadi puskesmas rawat inap dengan ketersediaan tenaga medis yang merata di setiap fasilitas kesehatan. (HK/Mc Kab. Sumbawa/Kus)