AMPHURI dan Sabre Kerjasama Tingkatkan Layanan Ticketing dan Reservasi Penerbangan

:


Oleh H. A. Azwar, Rabu, 8 Maret 2017 | 18:48 WIB - Redaktur: Gusti Andry - 802


Jakarta, InfoPublik - Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (AMPHURI) dan Sabre melakukan Memorandum of Understanding (MoU) peningkatan layanan ticketing dan reservasi penerbangan.

Penandatanganan MoU tersebut dalam rangka meningkatkan peranan anggota AMPHURI, dilakukan Ketua Umum AMPHURI Joko Asmoro dengan Managing Director Sabre Indonesia Denny Fajar, di sela-sela acara AMPHURI Business Forum (ABF) di Jakarta, Rabu (8/3).

Menurut Joko, ABF merupakan ajang pertemuan antara anggota AMPHURI dengan mitra pelaku usaha seperti perbankan, maskapai penerbangan, perhotelan serta asuransi.

“Tujuan diselenggarakannya ABF agar memudahkan anggota bertemu dengan mitra usaha. Sehingga, dengan demikian, dapat dilakukan peningkatan layanan terhadap jamaah baik haji mau pun umrah,” ujar Joko.

Menanggapi pernyataan Menteri Perdagangan (Mendag) dalam hal reformasi perizinan, Joko Asmoro pun menyambut positif. “Seyogyanya masa berlaku perizinan usaha itu sekali seumur hidup, seperti yang disampaikan oleh pemerintah, dan kami sangat setuju untuk hal itu. Jadi, setiap tahun itu nantinya hanya akan dilakukan registrasi ulang atau laporan kegiatan usaha bagi para penyelenggara, dan ini tentunya akan sangat memudahkan kami. Perpanjangan izin itu tak perlu seperti kita seperti mengurus izin dari baru awal melakukan perizinan, apalagi saat ini di PIHK atau haji khusus daftar antriannya sampai 7 tahun. Nah, kalau izinnya setiap tiga tahun sekali harus diperpanjang kan tentunya akan sangat merepotkan.” Ungkap Joko.

Joko menambahkan, Kementerian Agama (Kemenag) juga saat ini telah memberi kemudahan layanan dalam pengurusan izin umrah dengan adanya loket pelayanan terpadu dalam pengurusan perizinan umrah.

Hadir dalam acara tersebutt antara lain Direktur Pelayanan Haji Khusus dan Umrah Kemenag Muhajirin Yanis dan Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Ahda Barori, sekaligus memberikan pengarahan dan sosialisi dalam hal kebijakan dan persiapan penyelenggaraan haji khusus tahun ini.

Dalam kesempatan itu Ketum AMPHURI pun menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah dengan kembalinya kuota haji khusus menjadi 17.000. “PIHK anggota AMPHURI siap untuk menjalankan amanah menyelenggarakan haji dan umrah sebaik-baiknya,” tandas Joko.