Pemkab Matim Selenggarakan Fasilitasi Dan Sosialisasi Pembentukan BUMDes

:


Oleh MC Kabupaten Manggarai Timur, Rabu, 8 Maret 2017 | 15:06 WIB - Redaktur: Tobari - 491


Borong, InfoPublik - Pemerintah Kabupaten Manggarai Timur, melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, menyelenggarakan fasilitasi dan sosialisasi Pembentukan BUMDes kepada seluruh aparatur desa se- Kabupaten ManggaraiTimur, Rabu (8/3).

Kegiatan yang didukung sepenuhnya oleh PT. BNI 46 Regional Bali dan Nusa Tenggara ini, dibuka secara resmi oleh Bupati Manggarai Timur Drs.YosepTote,M.Si.

Dalam sambutannya, Bupati Yosep Tote menyampaikan bahwa sesuai dengan visinya, pemerintah kabupaten berkomitmen untuk mewujudkan masyarakat Manggarai Timur yang lebih sejahtera, cerdas dan sehat.

“Kita ingin mewujudkan masyarakat Manggarai Timur yang sejahtera, kalau orang sejahtera itu mesti cerdas, kalau cerdas itu pasti sehat,” katanya.

Ditambahkannya, untuk mecapai kesejahteraan, maka perlu membangun jaringan dan memperkuat lembaga pranata sosial di tingkat bawah, serta memperkuat lembaga keuangan baik yang ada di perkotaan maupun di pedesaan.

Dengan demikian, ekonomi desa sudah kuat maka dengan sendirinya upaya untuk mencapai kesejahteraan akan lebih cepat tercapai. “Oleh karena itu, saya ingin agar teman-teman di desa membentuk dan memperkuat BUMDes ini, melalui kerja sama dengan semua lembaga yang ada,” ujar Bupati Yosep.  

Apabila badan usaha milik desa ini sudah terbentuk dan sudah berjalan maksimal sesuai aturan-aturan yang ada dan bukan berdasarkan kemauan pribadi seorang pemimpin saja, maka daerah ini menjadi kuat.

Pada bagian akhir sambutannya, bupati Yosep Tote mengajak seluruh kepala desa yang hadir untuk menangkap peluang ini untuk memperkuat ekonomi desa dengan memanfaatkan semua potensi yang ada di wilayah masing-masing.

Potensi perkebunan seperti kopi, cengkeh, kakao dan hasil-hasil lainnya harus dikelola dengan baik, sehingga memberi manfaat ekonomis kepada desa dan masyarakatnya.

Kedepannya, kehadiran BUMDes ini akan memperkuat perusahaan daerah Manggarai Timur yang akan segera dibentuk,” kata Bupati Yosep.  (MC ManggaraiTimur/Bennyndap/toeb)