Kota Solok Harus Memanfaatkan Lahan Tidur

:


Oleh MC Kota Solok, Rabu, 8 Maret 2017 | 16:32 WIB - Redaktur: Tobari - 450


Solok, InfoPublik - Masih banyaknya lahan tidur di Kota Solok, membuat Wakil Walikota Solok Reinier,ST,MM meminta dan mengajak Dinas Pertanian, OPD terkait serta masyarakat petani, untuk secara serius memanfaatkan lahan tersebut, sehingga dapat menjadi nilai ekonomis dalam memajukan perekonomian masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Reinier saat membuka kegiatan forum OPD dalam rangka presentasi rencana kerja tahun 2018 lingkup Dinas Pertanian Kota Solok, yang diikuti oleh para stakeholder lingkup pertanian, kelompok tani, gabungan kelompok tani, dan unsur terkait lainnya, bertempat di Aula Dinas Pertanian Kota Solok, Selasa (7/3).

Wawako menyebutkan, masyarakat harus mendapatkan bimbingan yang jelas agar masyarakat mau bertani dan memanfaatkan banyaknya lahan tidur di Kota Solok.

Namun, Reinier menyadari jika hal ini tidak akan dapat terwujud jika semua pihak terkait tidak serius menyikapi permasalahan ini. “Tidak mungkin hanya Dinas Pertanian yang diandalkan dalam permasalahan ini, Dinas Pertanian perlu dukungan semua pihak untuk mewujudkannya,” tegas Reinier.

 Untuk itu, Reinier mengharapkan keseriusan semua pihak untuk menghidupkan pertanian dan peternakan di Kota Solok, sehingga berkurangnya lahan tidur di Kota Solok.

“Mari kita tunjukkan keseriusan kita bersama, Organisasi Perangkat Daerah yang terkait harus bertanggung jawab melakukan tugas dan bimbingan kepada para petani dan masyarakat. Sehingga dengan itu, kita semua dapat merasakan manfaat nantinya,” kata Reinier.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kota Solok menyebutkan, tujuan pelaksanaan kegiatan ini ialah memaparkan kepada stakeholder lingkup pertanian mengenai rancangan rencana kerja Dinas Pertanian Kota Solok tahun 2018, dan merumuskan serta menyempurnakan rancangan kerja Dinas Pertanian Kota Solok tahun 2018.

Peserta kegiatan   ini sebanyak 204 orang terdiri dari kelompok tani Kota Solok, Gapoktan Kota Solok, KTNA Kota Solok, P3A, GP3A, UPR, Pokdakan, LKMA, Labor PHP Kota Solok, Lurah se Kota Solok, Camat se Kota Solok, penyuluh pertanian, Kabid DTAN, Kasi DTAN, kepala UPTD dan KTU, SKPD terkait, Ketua KAN Kota Solok, Ketua LKAAM Kota Solok, Bundo Kanduang, lembaga Perbankan dan unsur terkait lainnya.

Narasumber kegiatan ini adalah dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Solok, serta presentasi rencana kerja tahun 2018 oleh Kepala Dinas Pertanian Kota Solok. (MC Kota Solok/deni/toeb)