92 Kepsek Malra Ikut Bimtek ProGAS SD

:


Oleh MC Kabupaten Maluku Tenggara, Rabu, 8 Maret 2017 | 09:53 WIB - Redaktur: Tobari - 366


Langgur, InfoPublik - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Pemda Maluku Tenggara, melalui Dinas Pendidikan, menggelar bimbingan teknis (Bimtek) Program Gizi Anak (ProGAS) sekolah dasar (SD) tahun 2017,  di Aula Hotel Kimson Center, Langgur, Senin (6/3).

Kegiatan yang diikuti 92 kepala sekolah se Maluku Tenggara, dan berlangsung selama dua hari sejak 6  s/d 7 Maret 2017 tersebut, dibuka Wakil Bupati Maluku Tenggara Yunus Serang.

Pada kesempatan tersebut, Wabup Yunus Serang menyampaikan sambutan Bupati dan mengatakan, Maluku Tenggara dipercayakan oleh Kemendikbud sebagai tuan rumah pelaksanaan Bimtek ProGAS di SD tahun 2017.

Untuk itu, diharapkan semoga kegiatan ini menghasilkan SDM aparatur yang benar-benar memiliki potensi unggulan pengelolaan ProGAS di SD, demi terciptanya generasi Indonesia yang sehat dan cerdas intelektual, cerdas emosi, cerdas spiritual dan cerdas sosialnya.

Sementara Direktur Pembinaan Pendidikan Sekolah Dasar Wowon Widaryat mengatakan, pelaksanaan program kerja Kemendikbud tahun 2017 merupakan upaya untuk memenuhi amanah program kerja Presiden dan Wakil Presiden  (Jokowi-JK) terkait Program Nawa Cita.

ProGAS merupakan salah satu program unggulannya Presiden dan Wapres lewat Nawa Cita yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan prestasi belajar peserta didik, melalui kegiatan pemberian pendidikan gizi, peningkatan asupan gizi melalui sarapan sehat dan peningkatan pendidikan karakter.

“Agar peserta didik mempunyai perilaku dan budaya hidup bersih dan sehat, serta membentuk karakter insan Indonesia yang tangguh dan berdaya saing,” katanya.

Lanjut Wowon, menggunakan konsep partisipasi masyarakat serta tim kesehatan daerah sebagai komponen masyarakat yang mempunyai pengetahuan pada bidang penyuluhan kesehatan dan bimbingan masyarakat.

Hal ini akan memberikan kesempatan bagi semua masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan dalam memberikan bimbingan dan penyuluhan terkait peningkatan gizi anak sekolah dan budaya hidup bersih bagi peserta didik khususnya dan masyarakat pada umumnya.

Dia berharap para kepala SD yang terlibat dalam pelaksanaan Bimtek ProGAS ini mulai dari proses perencanaan, penyiapan, pelaksanaan dan evaluasi di masing-masing sekolah, dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Sehingga terwujudnya Indonesia sehat dalam rangka membangun peserta didik yang mempunyai perilaku dan budaya hidup bersih dan sehat yang tangguh dan berdaya saing

Hadir selain Wakil Bupati Maluku Tenggara Yunus Serang, pimpinan dan anggota DPRD Maluku Tenggara, Direktur Pembinaan SD Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Drs. Wowon Widaryat, M. Si, para staf Ahli Bupati, para Asisten Sekda, Pimpinan SKPD se-Maluku Tenggara dan 92 Kepala SD yang ada Maluku Tenggara. (MC Malra/ wodel tapotubun/toeb)