Hari Sampah Nasional Dilakukan Aksi Pembersihan Sampah Di Merauke

:


Oleh MC Kabupaten Merauke, Rabu, 8 Maret 2017 | 08:16 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 488


Merauke, InfoPublik - Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2017 diperingati di Merauke ditandai dengan pembersihan sampah di sepanjang pesisir pantai lampu satu Merauke, Jumat (3/3) melibatkan unsur Aparat Sipil Negara, TNI dan Polri.

Asisten 1 Setda Merauke Waryoto dalam sambutannya mengatakan, HPSN di peringati di seluruh wilayah di Indonesia, bertujuan meningkatkan kepedulian dan peran aktif masyarakat dalam mengelolah sampah untuk mewujudkan indonesia bersih sampah 2020 serta memperkuat komitmen negara sebagai destinasi wisata bahari dunia berkelanjutan.

"Bahaya sampah jika di biarkan menumpuk pada suatu tempat yakni menimbulkan pencemaran tanah, pencemaran air, terjadi pendangkalan sungai, menimbulkan bau tidak sedap, serta mengganggu keindahan kota," ungkap Waryoto di Merauke.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Merauke Harmini mengharapkan, melalui momen HPSN tahun 2017 ini, seluruh elemen masyarakat sadar akan arti pentingnya penanganan dan pengelolaan sampah, mengingat sampah akan memberikan dampak buruk terhadap lingkungan.

Harmini menghimbau seluruh masyarakat Merauke agar tidak membuang sampah di sembarang tempat dan selalu menjaga kebersihan lingkungan, baik dikawasan sekolah, rumah tinggal maupun tempat kerja masing-masing. (McMrk/AR/Abd/Eyv)