Pemberdayaan Perempuan Cara Mudah Tingkatkan Ekonomi

:


Oleh Wawan Budiyanto, Selasa, 7 Maret 2017 | 15:27 WIB - Redaktur: Gusti Andry - 484


Jakarta, InfoPublik - Presiden Joko Widodo menegaskan cara paling mudah untuk meningkatkan perekonomian adalah dengan memberdayakan  perempuan.

"Pengalaman diseluruh dunia menyebutkan, salah satu cara yang paling gampang dan paling murah untuk menggejot sebuah ekonomi adalah dengan pemberdayaan perempuannya," kata Presiden Jokowi di acara Konferensi Tingkat Tinggi Negara-negara  di Kawasan Samudera Hindia (IORA), di Jakarta, Selasa (7/3).

Menurutnya, sebagaimana pepatah yang yang sangat benar adanya dimana dibelakang orang yang hebat pasti ada wanita yang sangat mendukung peranannya.

"Kita harus ingat pepatah yang saya kira amat benar yaitu dibelakang setiap orang hebat, ada seorang wanita yang hebat," kata Presiden.

Dijelaskan Presiden, kesetaraan dan pemberdayaan perempuan adalah salah satu program prioritas dari kerjasama yang dìbahas di KTT IORA. Selain dukungan kesetaraan dan pemberdayaan wanita dalam KTT juga membahas kerjasama maritim.

Kerjasama maritim kata Presiden, sudah dilakukan sejak tahun 2015 dimana diselenggarakan pertemuan di Padang.

"Kerjasama maritim ditandai tahun 2015 dengan menerbitkan deklarasi kerjasama maritim IORA di Padang, Indonesia," tegasnya.

Selain itu kata Jokowi, samudera hindia merupakan kawasan yang memiliki potensi bencana alam. IORA telah menjalin kerjasama dalam penanggulangan bencana alam.

"Kawasan samudera hindia menghadapi banyak resiko bencana alam. Iora telah banyak mengalami kemajuan konkrit dibidang penanggulangan bencana," ujarnya.