Pasca KTT IORA, Mendag Akan Kunjungi Benua Afrika

:


Oleh Juliyah, Selasa, 7 Maret 2017 | 13:30 WIB - Redaktur: Juli - 404


Jakarta, InfoPublik - Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita segera melakukan kunjungan ke Benua Afrika, untuk menjajaki potensi kerja sama perdagangan pasca penyelenggaraan KTT Indian Ocean Rim Association (IORA) di Jakarta. 

"Perintah Presiden Joko Widodo untuk segera menyentuh pasar Benua Afrika," ujar Mendag Enggartiasto Lukita di Media center IORA, JCC, Jakarta, Senin (6/3).

Dalam kunjungan itu akan dilakukan secara bergiliran dengan mengikut sertakan pengurus Kamar Dagang Indonesia untuk mengkaji setiap potensi kerja sama perdagangan. Setelah mengetahui potensi kerja sama perdagangan, pihaknya juga akan mencari negara yang akan memudahkan proses tersebut.

Kemudahan yang diberikan, lanjut Enggartiasto, supaya kerja sama perdagangan yang dijalin dapat segera berdampak pada kesejahteraan masyarakat Indonesia. "Biasanya proses FTA kemudian FDA, kami mencari yang bisa jump semua proses itu," katanya.

Disisi lain, momentum KTT ini harus dimanfaatkan dengan maksimal, supaya para anggota IORA dapat antusias untuk membangun kerja sama perdagangan. Berdasarkan data, populasi penduduk lingkar Samudra Hindia mencapai 2,7 miliar orang dan mayoritas dilalui jalur transportasi laut dunia dari pasifik. "Separuh dari kapal melewati Samudra Hindia dan dua pertiga dari alur kapal tanker melewatinya juga," ujarnya. 

Diharapkan melalui KTT dapat mendorong Anggota IORA untuk segera melakukan kerja sama perdagangan dengan Indonesia. "Kita akan dorong mereka melakukan kesepakatan chamber of commerce," pungkas Enggartiasto. (Tri Antoro)