Jalan Bandung-Cirebon Amblas Timbulkan Kemacetan Panjang

:


Oleh H. A. Azwar, Selasa, 7 Maret 2017 | 12:30 WIB - Redaktur: Gusti Andry - 1K


Jakarta, InfoPublik - Jalan Bandung-Cirebon tepatnya di Kampung Cireki RT 02 RW 02 Dusun Bugel Desa Bugel Kecamatan Tomo Kabupaten Sumedang amblas sepanjang 10 M dengan kedalaman mencapai 50 cm.

"Jalan tersebut amblas pada hari Senin (6/3) ,sekitar pukul 19.30 WIB, yang mengakibatkan kemacetan arus lalu lintas dari dua arah sepanjang lebih dari 5 Km," ungkap Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, di Jakarta, Selasa (7/3).

Menurut Sutopo, kejadian tersebut diduga akibat tingginya intensitas curah hujan dan konstruksi tanah yang labil sehingga terjadi pergerakan tanah dan mengakibatkan amblasnya jalan tersebut. “Untuk sementara kejadian tersebut sudah ditangani oleh pihak kepolisian sektor Tomo,” ujar Sutopo.

Sutopo menambahkan, kondisi saat ini pada Selasa (7/3) pukul 09.00 WIB di lokasi kejadian jalan amblas terus mengalami pergerakan yang semula kedalaman amblas hanya 50 cm sekarang mencapai 1 M, dan tidak dapat dilalui kendaraan roda 4 (empat) sehingga mengakibatkan kemacetan total.

Saat ini di lokasi kejadian sedang dilakukan pengarugan menggunakan sirtu dari Cimalaka. Saat ini juga, lokasi sudah dalam pengamanan oleh Kasat Lantas Polres Sumedang AKP. Erwan Dwiyanto, tukas Sutopo.