Konpensetda Masih Menjadi Primadona Anggota

:


Oleh MC Kabupaten Belu, Senin, 6 Maret 2017 | 18:21 WIB - Redaktur: Tobari - 490


Atambua, InfoPublik -  Ratusan anggota Koperasi Kopensetda Kabupaten Belu mengikuti Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tahun Buku 2016, yang berlangsung di Aula Pater Pit Verharren-SMAK Suria, Jum’at (3/3).

RAT ini bertujuan untuk menyampaikan laporan pertanggungjawaban pengurus maupun pengawas dalam satu tahun buku, mendesain rencana kerja/program kerja dan rencana anggaran pendapatan dan belanja koperasi, sekaligus harapan bagi para anggota untuk memanen hasil kesejahteraan melalui SHU.

Ketua Kopensetda Kabupaten Belu Silverius Mau mengatakan, sebagai wujud demokrasi ekonomi, RAT diselenggarakan sebagai bahan evaluasi sekaligus masukan bagi kepengurusan Kopensetda selama lima tahun. 

Pada tahun 2017, kopensetda memasuki era baru yaitu kopensetda menyediakan sembilan bahan pokok berupa beras, gula, minyak goreng, telur dan terigu, yang mana usaha tersebut juga memberikan kontribusi berupa SHU kepada para anggota.

“Kopensetda masih merupakan primadona bagi setiap anggota, karena mampu memberikan pertolongan cepat, kepada anggota dalam memenuhi kebutuhan rumah tangga anggota, terutama dalam hal penanganan pendidikan anak, kesehatan dan peningkatan ekonomi keluarga,” jelas Silverius.

Dalam tahun buku Tahun 2016, ungkap Silverius Mau, bahwa anggota kopensetda tersebar pada 64 SKPD Kabupaten Belu dan 23 SKPD di Kabupaten Malaka dengan anggota 750 orang. 

“Perkembangan dunia usaha tahun buku 2016, sejumlah Rp7.656.278.430 atau mengalami kenakaikan 0,28%. Anggota yang dilayani pada tahun 2016 sebanyak 642 orang, atau naik 2,55% dibanding tahun 2015. Dalam tahun buku 2017, kopensetda senantiasa berupaya untuk terus meningkatkan kesejahteraan anggota,” urai Silverius.

Demi meningkatkan pelayanan anggota kedepan, kopensetda meluncurkan beberapa prodak seperti Simas, Simak, Siber Sibak, Sijarang, Siapa, Simasku dan Sukses.

“Setiap anggota diberikan kebebasan untuk memilih sesuai kebutuhan anggota bersama keluarga dalam memenuhi ekonomi rumah tangga,” ungkapnya.

SHU tahun buku 2016 bertambah 2,12% dari tahun buku 2015, sehingga SHU tahun 2016 menjadi Rp728.636.072. Motto kopensetda, bertolu juga telah mengalami perubahan. Sebelumnya berhatama, berhasai dan berhatama hikar, berubah menjadi berhatama, berhasai dan berfohikar. (MC Belu/herryklau/toeb)