Bupati Belu Tegaskan Administrasi Harus Tertata Bagus

:


Oleh MC Kabupaten Belu, Senin, 6 Maret 2017 | 18:21 WIB - Redaktur: Tobari - 461


Atambua, InfoPublik - Bupati Belu Willybrodus Lay menegaskan kepada Kepala dan staf Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil agar menata administrasi dengan baik, dokumen-dokumen penting diamankan dengan rapi sehingga ketika dibutuhkan, semuanya dapat diperoleh dan tidak perlu lama-lama untuk mencarinya.

Selain itu, dokumen seperti akte kelahiran, akte perkawinan dan akte kematian harus benar-benar tertulis dan terdata dengan bagus, karena menjadi identitas seseorang yang tidak bisa dipalsukan.

Penegasan itu disampaikan Bupati Belu di hadapan staf Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Belu, ketika memantau langsung aktivitas di kantor tersebut, Senin (6/3).

Bupati Belu meminta agar data yang dikeluarkan Disdukcapil harus disatukan untuk memudahkan pencariannya, jika sewaktu-waktu orang membutuhkannya.

“Kalau di gereja seperti buku Extractum, yang menyatukan data sejak orang lahir hingga kematiannya, sehingga tidak perlu susah-susah untuk mencarinya. Kalau ini dijalankan, pasti akan memudahkan kita semua,” ujarnya.

Sementara mengenai blanko atau formulir kependudukan yang sampai sekarang masih belum diperoleh, Sekretaris Disdukcapil Jacquilina Gedi Halek menjelaskan permintaan sudah dilakukan tetapi dari Kementerian Dalam Negeri belum mengirimnya, sehingga untuk sementara menggunakan KTP sementara.

“Walaupun demikian, aktivitas perekaman KTP tetap berjalan dengan baik sambil menunggu blanko yang definitif dan asli dari Kemendagri,” katanya.

Berkaitan dengan daftar hadir digital (finger print) yang sudah harus dipergunakan per 1 Maret 2017, menurut Gedi Halek, dalam waktu dekat akan segera dipergunakan sesuai dengan perintah Bupati dan Wakil Bupati Belu.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Belu meminta kepada Dinas tersebut untuk mengatur dan menata berkas-berkas lama yang masih menumpuk di belakang gedung tersebut.

“Saya minta kepada staf semua untuk segera mengaturnya berkas-berkas itu dengan baik, walaupun baru sebulan melakukan pemindahan tempat ini,” tegasnya.

Turut mendampingi Bupati Belu, Kabag Protokol dan Komunikasi Publik Setda Belu, Fridolinus Siribein. (MC Belu/Herryklau/toeb)