Menkominfo: Tidak Ada Lagi Pembangunan Jawa Sentris tapi Indonesia Sentris

:


Oleh Yudi Rahmat, Senin, 6 Maret 2017 | 10:59 WIB - Redaktur: Elvira - 533


Jakarta, InfoPublik - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengatakan saat ini pembangunan tidak lagi berpusat pada Jawa, Sumatera, Sulawesi dan Kalimantan tapi pembangunan Indonesia sentris dengan fokus kepada pemerataan pembangunan di Papua dan Papua Barat.

"Porsi APBN 2017 alokasi anggaran lebih banyak untuk pembangunan daerah dan melebihi anggaran belanja Kementerian/Lembaga," kata Rudiantara pada acara Diskusi Media dengan Tema Indonesia Sentris, Pemerataan Papua di Kafe Kembang Kencur, Pejaten, Pasar Minggu, Jakarta, Minggu(5/3).

Menurut Rudiantara, untuk pemerataan pembangunan daerah ini salah satunya pemerintah pusat selalu melibatkan pemerintah daerah dalam pembahasan program pembangunan."Cara pengambilan keputusan yang terkait pembangunan daerah gubernur diajak Rapat Terbatas oleh Presiden. Dulu tidak pernah Gubernur dilibatkan Rapat Terbatas. Perubahan pola ini adalah untuk membangun daerah bersama-sama," katanya.

Menkominfo optimis pembangunan Indonesia sentris khusus program palapa ring seluruh kabupaten dan kota Indonesia akan terkoneksi internet pada tahun 2019. "Jadi, nantinya koneksi internet misalnya di Papua dan Papua Barat kekuatan aksesnya akan sama dengan daerah-daerah lainnya,"ujarnya.

Ia menyebutkan  pembangungan konektivitas palapa ring untuk wilayah Provinsi Papua mencakup 23 Kabupaten dan  5 Kabupaten /kota menghubungkan ke11 lokasi existing. Sedangkan Provinsi Papua Barat pembangunan baru Koneksitas palapa ring mencakup 7 Kabupaten dan 2 kota menghubungkanke 11 lokasi existing.

Menteri Rudiantara menambahkan bahwa semua kepala daerah mendukung program percepatan pembangunan di daerah.