Bupati Balangan Berharap Generasi Muda Lestarikan Budaya Lokal

:


Oleh MC Kabupaten Balangan, Senin, 6 Maret 2017 | 00:43 WIB - Redaktur: R. Mustakim - 679


Balangan, InfoPublik - Memasuki hari terakhir Gelar Budaya Pesona Dayak Meratus di Desa wisata Kapul, Kecamatan Halong, Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan hari ini memasuki acara puncak dengan agenda parade budaya seperti tari-tarian, panjat manau, pantun dalam bahasa Dayak, atraksi kasai api serta artis jebolan Dangdut Academy 2, Endah.

Hadir dalam acara puncak ini Bupati Balangan, Ansharudin beserta jajarannya, Kepala Dispora Kalimantan Selatan sebagai perwakilan Gubernur, Dewan Adat Dayak seluruh Kalimantan Selatan, Direksi PT Adaro Indonesia serta masyarakat sekitar dan juga wisatawan dari luar Kabupaten Balangan.

Dalam sambutannya Bupati Balangan, Ansharudin menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi kepada Dewan Adat Dayak, Tokoh Adat Dayak Meratus, para donator, pemuda dan masyarakat desa Kapul sehingga rangkaian acara Gelar Budaya Pesona Dayak Meratus ini bisa terselenggara secara rutin tiap tahun dengan sukses dan lancar.

Ansharudin menambahkan kebudayaan yang telah dibangun, dipelihara dan dikembangkan oleh puluhan generasi sebelum generasi sekarang tidak hanya sekedar untuk jadi pegangan dalam kehidupan sehari-hari generasi mereka saja, tetapi juga diwariskan kepada generasi sekarang untuk dijaga dan dikembangkan yang selanjutnya diwariskan ke generasi selanjutnya di masa depan.

“Karenanya saya senang sekali melihat banyaknya generasi muda yang aktif dalam kegiatan ini. Keterlibatan dan keaktifan generasi muda dalam acara-acara adat adalah jaminan bagi kelestarian adat itu sendiri,” pungkasnya. (MCBalangan/PG/Vit)