Dinas P3AP2KB Sleman Adakan Evaluasi Lomba Program KB

:


Oleh MC Kabupaten Sleman, Kamis, 2 Maret 2017 | 17:07 WIB - Redaktur: R. Mustakim - 274


Sleman, InfoPublik - Dalam rangka memperingati hari keluarga XXIV tahun 2017, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan KB (P3AP2KB) Kabupaten Sleman menyelenggarakan acara lomba.

Lomba yang diadakan meliputi institusi masyarakat pedesaan (IMP), penyuluh KB, keluarga harmonis dan sejahtera, kelompok UPPKS, peserta KB lestari 10, 15 dan 20 tahun, Kelompok KB Pria dan Motivator KB Pria, Kelompok PIK-R jalur sekolah dan non sekolah, Lansia Tangguh.

Menurut Sekretaris Dinas P3AP2KB Puji Lestari, lomba dilaksanakan mulai 28 Februari 2017, bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kinerja penyuluh KB, meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan serta peran serta kader IMP dalam pengelolaan dan pelaksanaan program KB, meningkatkan kesadaran masyarakat dalam ber KB, meningkatkan kesertaan pria ikut KB, menyiapkan kehidupan berkeluarga bagi remaja dan meningkatkan kesehatan lansia.

Puji juga menyampaikan tahun lalu Sleman dapat meraih lima kejuaraan di tingkat nasional sehingga target tahun ini bisa mempertahankan prestasi bahkan berusaha untuk meningkatan prestasi lagi.

Ke lima prestasi itu meliputi KB lestari 15 tahun, motivator KB Pria, PIK R non sekolah yakni PIK R Semarak dari Ngemplak, Metode Kontrasepsi jangka panjang jalur puskesmas, dan pasangan keluarga harmonis dan sejahtera.

Menurutnya metode yang digunakan untuk menilai lomba yakni dengan presentasi peserta dan wawancara yang dilakukan oleh juri dari Dinas P3AP2KB, Tim Penggerak PKK, Bappeda, Dinas Kesehatan, Dispora, Dinas PMD dan instansi terkait lainnya.***