Kemnaker - Politeknik Singapura Tingkatkan Kualitas Lembaga Pelatihan Kerja

:


Oleh H. A. Azwar, Kamis, 2 Maret 2017 | 16:08 WIB - Redaktur: Juli - 748


Jakarta, InfoPublik - Untuk meningkatkan kualitas lembaga pelatihan, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menjalin kerja sama dengan Singapore Polytechnic yang didukung Temasek Foundation International.

Penandatanganan kerja sama Indonesia Quality Training Framework Programme for The Ministry of Manpower of the Republic of Indonesia ini akan dilaksanakan selama 3 (tiga) tahun mulai tahun 2017 sampai 2019, dan dilaksanakan dalam bentuk bimbingan teknis dan pelatihan.

“Tujuan kerja sama ini untuk meningkatkan kapasitas  150 orang pejabat dan staf di 13 Kementerian/Lembaga, dinas provinsi yang membidangi ketenagakerjaan, BLK pusat dan daerah, serta LPK swasta untuk menjadi asesor akreditasi dan master trainer akreditasi guna mendukung implementasi penjaminan mutu melalui akreditasi lembaga pelatihan kerja,” kata Direktur Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas (Binalattas) Kemnaker, Bambang Satrio Lelono seusai acara penandatanganan kerja sama di kantor Kemnaker Jakarta, Kamis (2/3).

Menurut Bambang, 60 orang peserta yang terpilih akan dilatih menjadi Master Trainer yang akan menyusun program serta memberikan pelatihan mengenai implementasi penjaminan mutu melalui akreditasi lembaga kepada 300 orang calon asesor akreditasi melalui cascading training yang akan diselenggarakan di 2018.

“Untuk menghasilkan tenaga kerja berkualitas perlu lembaga pelatihan berkualitas. Untuk mengukur kualitas lembaga pelatihan, perlu ada assesor yang menilai dan mengarahkan agar lembaga tersebut memenuhi standar sehingga output yang dihasilkan sesuai standar pula,” ujar Bambang.

Ia menambahkan, Kemnaker sekarang sedang fokus mengenjot pelatihan untuk assesor, sehingga menghasilkan master assesor dan tahun depan. Master assesor akan melakukan transfer knowledge sehingga menghasilkan assesor lebih banyak lagi.

"Harapannya para assesor tersebut bisa tersebar di seluruh Indonesia, menilai lembaga pelatihan di daerahnya masing-masing sehingga bisa memenuhi standar secara nasional," ungkapnya.

Ia juga menuturkan, bahwa pihaknya berusaha bekerja sama dengan berbagai negara dan berbagai hal untuk meningkatkan kompetensi dan pelatihan kerja. "Dengan adanya assesor ini ada penjaminan mutu terhadap lembaga pelatihan kerja di Indonesia," kata Bambang.

Melalui kerja sama ini Temasek Foundation International akan memberikan bantuan tenaga berpengalaman di bidang vokasi dari Singapore Polytechnic International untuk memberikan transfer knowledge dan pendampingan dalam implementasi akreditasi lembaga pelatihan di Indonesia.

Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU), dari pihak Kemnaker diwakili oleh Dirjen Binalattas Bambang Satrio Lelono dengan Member of the Board of Governors of Singapore Polytechnic, Mr. Johhny Tan.

Turut hadir Sekjen Kemnaker Hery Sudarmanto, Duta Besar Republik Singapura untuk Republik Indonesia, Yang Mulia Bapak Anil Kumar Nayar, CEO Temasek Foundation International Mr. Benedict Cheong dan Associate Director of Programme Management, Temasek Foundation International Mr. Shiran Ali.

Sebelumnya, Kemnaker juga telah menjalin kerja sama dengan Singapore Polytechnic dengan dukungan dari Temasek Foundation untuk penguatan manajemen Balai Latihan Kerja melalui bimbingan teknis dan pelatihan manajemen bagi 110 (seratus sepuluh) orang pejabat struktural, ketua jurusan dan para instruktur pelatihan di BLK UPTP serta, program Public Service Innovation untuk penguatan kapasitas pelayanan publik bagi 300 Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Kemnaker.