Distan Agam Percepat Populasi Sapi dan Kerbau

:


Oleh MC Kab Agam, Kamis, 2 Maret 2017 | 11:45 WIB - Redaktur: Tobari - 297


Agam, InfoPublik - Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Agam, Sumatera Barat, menerapkan Upaya Khusus (Upsus) percepatan populasi sapi dan kerbau, dalam Program Sapi Indukan Wajib Bunting (SIWAB) di 16 kecamatan pada tahun 2017. 

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Agam Afdhal, didampingi Kepala Bidang Peternakan  Aguska di Lubuk Basung. Selasa (28/2). 

"Upsus SIWAB ini diintensifkan untuk meningkatkan populasi dan reproduksi ternak, yang mencakup program Inseminasi Buatan (IB) dan Intensifikasi Kawin Alam (INKA)," kata Afdhal. 

Ditambahkannya, demi suksesnya program ini para peternak diharapkan  tidak lagi menjual sapi betina, yang masih produktif, sehingga swasembada pangan yang berorientasi pada protein hewani dapat terwujud. "Kami harapkan dengan cara ini dapat tercapai target swasembada daging di Kabupaten Agam," tuturnya. 

Di samping itu, untuk kelancaran program IB di Kabupaten Agam, saat ini telah tersedia berbagai macam semen yang berasal dari Balai Benih Inseminasi Buatan, seperti BBIB Singosari,  Lembang, dan  Tuah Sakato Payakumbuh. 

"Saat ini bibit unggul semen yang ada di Posko Distan Agam adalah jenis Simental sebanyak 1.298 bibit, Limousin 240 bibit, Peranakan Ongole 210 bibit, Brahman 248 bibit, Sapi Bali 192 bibit, dan kerbau 136 bibit," jelasnya. 

Mereka yang membutuhkan, silakan menghubungi petugas pada masing-masing kecamatan untuk pemanfaatan bibit melalui IB. Diharapkan dengan pelaksanaan IB, kelahiran anak sapi di Kabupaten Agam meningkat. 

Untuk itu, diharapkan pemanfaatan IB  ditargetkan tercapai sebanyak 7.591 ekor, dengan target kebuntingan sebanyak 5.162 ekor, dan angka kelahiran bisa mencapai 4.228 ekor.(mc agam/toeb)