Gunakan Eskalator Khusus, Raja Salman Disambut Presiden Jokowi

:


Oleh Tri Antoro, Rabu, 1 Maret 2017 | 13:59 WIB - Redaktur: Gusti Andry - 805


Jakarta, InfoPublik - Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud tiba di Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta, Rabu (1/3) siang, dan langsung turun dari pesawat menggunakan eskalator khusus.

Rombongan Raja Salman disambut oleh Presiden Joko Widodo dan sejumlah pejabat termasuk Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Kepala Polri Jenderal Pol Tito Karnavian dan Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo.

Setelah bersalaman dan bercakap-cakap sebentar, Raja Salman masuk ke mobil yang sudah disiapkan. Menteri Agama mendampingi Raja Salman di dalam mobil. Rombongan akan langsung menuju ke Istana Bogor melintasi Jalan Tol Jagorawi. Jalan tol Jagorawi menuju Istana Bogor, Jawa Barat, ditutup selama sekitar 60 menit oleh Kepolisian.

Berdasarkan pantauan InfoPublik, kondisi lalu lintas sudah ditutup untuk memudahkan rombongan Raja Saudi Arabia  Arabia Salman Bin Abdulaziz Al saud yang akan mengikuti upacara penyambutan di Istana Bogor.

Sebelumnya, Juru Bicara Presiden Johan Budi menjelaskan kunjungan Raja Salman kali, lanjut Johan, direncanakan Indonesia dan Saudi Arabia akan menandatangi perjanjian kerjasama antara lain Budaya, Kesehatan, Pendidikan, Pemberantasan Kejahatan, Energi, dan Pariwisata. "Pada pertemuan itu terdapat penandatanganan perjanjian bilateral yang akan dilakukan oleh kedua negara," imbuhnya.

Tak hanya itu, pemerintah Indonesia akan menganugerahkan piagam Bintang Adiguna kepada Raja Salman. Kedua kepala negara akan dijadwalkan menanam pohon bersama. Kemudian, Raja Salman akan berdialog dengan tokoh ormas Islam dan tokoh masyarakat Indonesia.

Keterangan Biro Pers Media dan Informasi Sekretariat Presiden menyebutkan pada Selasa (28/2) dua pesawat tiba pukul 09.00 WIB dan 18.07 WIB, mengangkut 28 orang.

Pada Rabu pagi pukul 00.30 WIB tiba satu pesawat yang mengangkut 41 orang, pukul 02.20 WIB satu pesawat yang mengangkut 30 orang, pukul 04.30 WIB satu pesawat pengangkut 20 orang dan pukul 11.20 WIB satu pesawat pengangkut 18 orang.

Sebelumnya Kementerian Luar Negeri RI menyampaikan bahwa delegasi resmi Arab Saudi yang turut dalam kunjungan kenegaraan Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud ke Indonesia meliputi 112 orang.

"Daftar delegasi resmi mereka itu sekitar 112 orang, yang diantaranya terdiri atas 19 pangeran dan tujuh menteri," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI Arrmanatha Nasir.

Dia mengatakan bahwa menteri-menteri Arab Saudi yang dibawa dalam kunjungan kenegaraan Raja Salman itu adalah menteri yang akan menandatangani 10 nota kesepahaman kerja sama antara pemerintah Indonesia dan Arab Saudi, antara lain dalam bidang kebudayaan, kesehatan, dan peningkatan status mekanisme bilateral.

Selain itu juga nota kesepahaman kerja sama keislaman dan dakwah, pendidikan ilmu pengetahuan dan teknologi, kelautan dan perikanan, penanganan kejatahan lintas batas, pelayanan udara, usaha kecil dan menengah dan perdagangan.