Menhub Minta Satelit Unisat Bisa Dukung Kebutuhan IT Sektor Transportasi

:


Oleh Dian Thenniarti, Selasa, 28 Februari 2017 | 16:05 WIB - Redaktur: Elvira - 1K


Jakarta, InfoPublik - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyambut gembira penandatanganan kerjasama PT Universal Satelit Indonesia (Unisat) dengan Intersputnik Rusia dalam rangka mempersiapkan peluncuran satelit Unisat pada tahun 2020 mendatang. Menhub minta satelit itu dapat mendukung kebutuhan teknologi informasi di sektor transportasi.

Penandatanganan dilakukan oleh Presiden Direktur Unisat, Widodo Mardijono dan CEO Intersputnik Rusia Vadim Belov, serta disaksikan Menhub Budi Karya Sumadi bersama Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Dubes Indonesia untuk Rusia Wahid Supriyadi, Dubes Rusia untuk Indonesia Mikhael Yurievich Galuzin, dan Kepala Badan Keamanan Laut (Bakamla) Ari Soedewo pada Selasa (28/2) di Jakarta.

Disampaikan Menhub, infrastruktur transportasi yang modern seperti bandara dan pelabuhan sangat bergantung teknologi informasi terlebih lagi dengan kondisi geografis Indonesia. Baik itu untuk kebutuhan data logistik, informasi perkiraan cuaca, navigasi, dan komunikasi data lainnya.

Penyediaan satelit ini, lanjut Menhub Budi diharapkan dapat meningkatkan sistem teknologi informasi transportasi nasional baik di bandara, pelabuhan, stasiun KA maupun terminal bus.

"Hal tersebut tentunya sangat bermanfaat untuk mendukung pengembangan IT sektor transportasi. Saya apresiasi Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara yang selama ini telah berupaya meningkatkan konektivitas manusia maupun barang melalui pengembangan teknologi informasi," ujar Menhub, Selasa (28/2).

Menhub Budi menambahkan bahwa meningkatnya perkembangan di sektor transportasi nantinya juga akan berdampak pada peningkatan ekonomi, pendidikan dan stabilitas politik.