Tangerang, InfoPublik - Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2017 tingkat Kota Tangerang berlangsung meriah. Ribuan ribu warga anggota komunitas peduli sampah bersama siswa-siswi sekolah Adiwiyata di Kota Tangerang ikut meramaikan kegiatan yang diadakan di Tugu Adipura bertepatan dengan acara Car Free Day (CFD) yang rutin dilaksanakan di lokasi tersebut.

Wali Kota Arief R. Wismansyah yang hadir langsung bersama dengan Wakil Walikota Sachrudin mencanangkan Gerakan Sedekah Sampah. Gerakan sosial yang juga bertujuan untuk mengurangi volume sampah di Kota Tangerang tersebut diharapkan mampu menggerakkan kelompok-kelompok masyarakat dan juga individu untuk lebih peduli terhadap lingkungannya.

Karena, melalui Gerakan Peduli Sampah masyarkat selain dapat membantu pengelolaan sampah di lingkungannya juga dapat beramal dengan menyumbangkan sampah yang dimilikinya ke BAZDA melalui Bank Sampah yang ada di sekitar rumahnya.

Program Sedekah Sampah merupakan salah satu solusi pengelolaan sampah berbasis masyarakat melalui pendekatan kesehatan dan agama.

“Sebagaimana sedekah harta akan berpahala, begitu pun sedekah sampah,” ujar Wali Kota saat memberikan sambutan, Minggu (26/02).

Prosedur program ini cukuplah mudah, masyarakat diminta untuk melakukan pemilahan sampah di rumahnya dan menyedekahkannya saat ke Bank Sampah untuk kemudian diberikan ke BAZDA.

Sedekah Sampah ini menjadi salah satu solusi bagi orang yang ingin menunaikan kewajibannya untuk bersedekah, selain tentunya sebagai sarana bagi seseorang untuk lebih peduli terhadap lingkungannya terutama dalam membiasakan untuk hidup bersih dan sehat dengan merawat lingkungan sekitar.

Dalam peringatan HPSN 2017 ini juga dimeriahkan dengan tampilan para peserta lomba fashion show bertemakan 3 R (Reduce, Reuse dan Recycle), kegiatan tersebut juga dimeriahkan dengan karnaval bertemakan lingkungan yang diikuti oleh para peserta dari sekolah adiwiyata dan juga para praktisi peduli lingkungan se-Kota Tangerang.

Dengan menenteng berbagai spanduk dan banner bertuliskan ajakan untuk menjaga kebersihan lingkungan, mereka pun terlihat begitu antusias mengikuti acara sampai akhir.

Wali Kota bersama para peserta HPSN 2017 juga membacakan deklarasi Kota Tangerang Bebas Sampah 2020. Secara kompak Wali Kota bersama peserta membacakan deklarasi yang intinya berisi komitmen untuk lebih peduli terhadap kelestarian dan kebersihan lingkungan.

Wali Kota bersama para warga yang hadir di acara tersebut juga terlihat menandatangani dan menuliskan pesan khusus di spanduk yang sengaja disediakan panitia untuk menyebarkan virus peduli lingkungan di kalangan masyarakat.(Mc Kota Tangerang/Kus)