Wawako Batam: STQ Sarana Bumikan Nilai-nilai Al-Quran

:


Oleh MC Kota Batam, Senin, 27 Februari 2017 | 09:37 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 366


Batam, InfoPublik-Masyarakat Kecamatan Batuaji antusias menghadiri pembukaan Seleksi Tilawatil Quran (STQ) di Masjid Attaubah Perum Puskopkar Kelurahan Bukit Tempayan, Sabtu (25/2). Sekira 4000 warga baik dewasa maupun anak-anak memeriahkan barisan pawai defile dari empat kelurahan. Peserta terbanyak berasal dari tuan rumah Kelurahan Bukit Tempayan yang mencapai 1400 orang.

Antusiasme ini diapresiasi oleh Wakil Walikota Batam, Amsakar Achmad saat membuka STQ VI Kecamatan Batuaji tersebut.

"Kemarin, kami kira Nongsa luar biasa, ternyata Batuaji lebih luar biasa. Kami mengapresiasi segenap pemangku kepentingan yang bahu membahu sukseskan STQ ini," ujarnya.

Dalam bulan ini, sedang digelar STQ tingkat kecamatan di Kota Batam. Sehari sebelumnya, Amsakar membuka STQ di Kecamatan Nongsa, dan dilanjutkan ke Kecamatan Bulang di hari Minggu.

Amsakar mengatakan STQ jangan hanya dijadikan ajang memperoleh juara atau penghargaan. STQ semestinya dimaknai lebih dalam sebagai sarana membumikan nilai-nilai Al-Quran.

"Jadi juara penting tapi lebih penting menghayati, mendalami, menjalankan nilai-nilai yang terkandung dalam Quran ini," kata dia.

Visi Batam, kata Amsakar, harus menjadi komitmen bersama, secara kolektif bagi seluruh masyarakat Kota Batam. Adapun visinya yaitu mewujudkan Batam sebagai bandar dunia madani yang berdaya saing, maju, dan bermartabat.

"Kita mesti bersyukur dianugerahi Quran. Kitab yang tidak ada tolok bandingnya. Saya ingin mengajak kita semua termasuk saya sendiri, mulai malam ini setidaknya satu dua ayat kita baca," kata Amsakar.

Ia berharap semoga melalui seleksi ini Kecamatan Batuaji bisa mendapatkan qori qoriah, hafidz hafidzah, dan mufasir mufasirah terbaik. Dan semoga melalui kegiatan keagamaan ini, Allah mencurahkan anugerah-Nya untuk kita semua.

Camat Batuaji, Fridkalter mengatakan selain tilawah Quran, pasa STQ ini juga dilakukan penilaian untuk lomba stand bazar PKK, lomba rebana dan kompang.

"Semoga apa yang dilakukan ini menjadi amal ibadah untuk kita semua," kata dia.

Pembukaan STQ VI Batuaji ditandai dengan pemukulan bedug. Sebelumnya dilaksanakan penyerahan piala bergilir dari Kelurahan Kibing kepada panitia.

Lurah Kibing, Ramadhan Zuhri berharap piala ini bisa kembali dibawa pulang. Ia cukup optimis karena menurutnya pada STQ IV, perolehan nilai dengan juara I Kelurahan Tanjunguncang sama persis. Kibing menjadi juara kedua karena perolehan juaranya lebih sedikit dibanding Tanjunguncang."Harapan kita paling tidak, bisa mempertahankan juara umum," ujarnya. (MC Batam Kartika)