Hamim Pou Sebut UKBI Terobosan Baru di Provinsi Gorontalo

:


Oleh MC Kabupaten Bone Bolango, Minggu, 26 Februari 2017 | 21:45 WIB - Redaktur: R. Mustakim - 786


Bone Bolango, InfoPublik - Sedikitnya 24 pejabat eselon IV di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Bone Bolango mengikuti Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI).

Pelaksanaan UKBI itu berlangsung di Pendopo Bandhayo Rumah Dinas Bupati Bone Bolango. Kegiatan yang baru pertama kali dilaksanakan di Provinsi Gorontalo itu terselenggara berkat kerja sama pemerintah daerah dengan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (BPPB) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 

Bupati Bone Bolango Hamim Pou memberikan apresiasi positif terhadap pelaksanaan UKBI. "Ini merupakan terobosan baru, sebab mahir dalam menggunakan bahasa Indonesia merupakan suatu kebutuhan bagi para pejabat," ungkap Bupati Hamim Pou. 

Sebelumnya, Kepala BPPB Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Dadang Sunendar menjelaskan pihaknya sudah mengklasifikasikan kemahiran dalam berbahasa Indonesia itu dalam beberapa level. "Setiap level atau tingkat itu ada indikatornya masing-masing," ungkap Dadang Sunendar. 

Informasi yang diperoleh dari Kantor Bahasa Provinsi Gorontalo menyebutkan, saat ini pelaksanaan UKBI belum dipungut biaya. Namun kedepan pelaksanaan sudah akan dipungut biaya yang nantinya akan menjadi pendapatan negara. (MCBone Bolango/Kominfo/Kahar)