16 Puskesmas Di Sumenep Siap Laksanakan Akreditasi Puskesmas

:


Oleh MC Kabupaten Sumenep, Jumat, 24 Februari 2017 | 16:32 WIB - Redaktur: Tobari - 253


Sumenep, InfoPublik -  Dinas Kesehatan Kabupaten Sumenep memastikan pelaksanaan akreditasi Puskesmas tahun 2017 di 16 Puskesmas yang ada di sejumlah wilayah Kecamatan di Kabupaten Sumenep, sudah siap.

“Jadi dari 16 Puskesmas yang satu di antaranya Puskesmas di kepulauan, yakni Puskesmas Kecamatan Gayam, sudah siap melaksanakan akreditasi Puskesmas,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumenep dr. H. A. Fatoni, M.Si, kepada Media Center, Jum’at (24/2).

Menurutnya, sejumlah Puskesmas yang akan dilakukan akreditasi tahun ini sudah menyatakan kesiapan dan komitmen dalam memperbaiki berbagai hal berkaitan dengan persyaratan akreditasi Puskesmas.

Mulai dari kesiapan dan pelayanan di Puskesmas sendiri, hingga mempersiapkan dengan lintas sektor, serta masyarakat peduli kesehatan yang ada di setiap wilayah Puskesmas yang ada.

Disamping itu, akreditasi Puskesmas nantinya juga harus mempersiapkan infrastruktur sarana dan prasarana Puskesmas. Serta berbagai persyaratan untuk akreditasi Puskesmas, yakni dengan mempersiapkan administrasi manajemen, Sumber Daya Manusia (SDM) serta Usaha Kesehatan Masyarakat (UKM).

“Kalau berkaitan dengan peralatan semua sudah ada sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 75 Tahun 2014,” katanya. (Ren/Esha/Fer/toeb)