Palembang Terima 595 Converter Kit

:


Oleh MC Kota Palembang, Jumat, 24 Februari 2017 | 10:15 WIB - Redaktur: R. Mustakim - 426


Palembang, InfoPublik - Kota Palembang tahun ini mendapat bantuan 595 converter kit dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral RI.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Perhubungan Kota Palembang, Kurniawan, Kamis (23/2).

“Kami bersama Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda dan instansi pemkot terkait lagi di Jakarta, di Kementerian Energi dan SDM, membahas bantuan converter kit ini,” ujar Kurniawan.

Palembang sebelumnya dapat 200 converter kit pada 2011 dan 400 converter setahun berselang. Converter kit adalah alat pengalih dari bahan bakar minyak ke bahan bakar gas pada kendaraan.

Kurniawan mengatakan, dari total 595 converter kit, sebanyak 200 akan dipasang di mobil dinas pemkot. Sisanya, akan dipasang di taksi dan angkutan kota.

“Kami targetkan semua mobil dinas dipasang BBG. Karena ini bisa mendukung Pemkot Palembang untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan bebas polusi,” ujar Kurniawan.

Ia mengakui selama ini pengguna converter kit terkendala karena tidak ada bengkel khusus untuk pemeliharaan kendaraan berbahan bakar gas ini.

“Ini sudah kami sampaikan ke pihak Kementerian. Kita harapkan ke depan ada bengkel khusus untuk pemeliharaan.”

Kurniawan berharap program converter kit di Palembang berjalan lancar. Apalagi fasilitas penunjang semisal Stasiun Pengisian Bahan Gas (SPBBG) sudah ada, yakni di Jalan Demang Lebar Daun di simpang Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, Jalan R Soekamto, Jalan R Subekti (Kedaung), dan Jalan Ki Merogan.

“Nanti yang tidak aktif, kita minta aktifkan lagi,” kata mantan kepala Dinas Komunikasi dan Informatika ini. (Wahyu/Hidayatullah)