Solok, InfoPublik - Uji kompetensi keahlian (UKK) merupakan bagian dari rangkaian pelaksanaan Ujian Nasional di SMK . Pelaksanaa UKK bertujuan untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa pada level tertentu sesuai Kompetensi Keahlian yang ditempuh selama masa pembelajaran di SMK.

UKK untuk jurusan Tata Boga kelas XII ini dilaksanakan sejak Senin sampai Rabu (20-22/2) di SMKN 3 Solok. Pada pelaksanaan UKK tahun ini, para siswa dituntut untuk mengolah makanan kontinental dengan tema Hot Appetizer (Hidangan pembuka panas).

Dengan pelaksanaan ujian ini, diharapkan peserta ujian mampu mengerjakan dan menyelesaikan tahapan–tahapan ujian praktik sesuai dengan standar kerja dan waktu yang ditetapkan.

“Hal yang paling penting adalah siswa memiliki keterampilan dan dapat mereka aplikasikan, setelah tamat dan sudah masuk pada Dunia kerja,” kata Ketua jurusan Tata Boga, Fauzia salmi, SP.d.

Setelah menyelesaikan masakannya hasil hidangan para siswa ini diuji oleh seorang penguji dari internal sekolah yang telah tersertifikasi asesor serta seorang penguji eksternal dari PHRI (Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia) PHRI Bukittinggi. (MC Kota Solok /trishna/toeb)