Diskominfotik Riau Bahas Kerja Sama Dengan Telkomsel

:


Oleh Prov. Riau, Kamis, 23 Februari 2017 | 12:55 WIB - Redaktur: Kusnadi - 260


Pekanbaru, InfoPublik - Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Riau menggelar rapat bersama Telkomsel di ruang rapat Diskominfotik Riau, Rabu (22/2).

Rapat ini dihadiri oleh Manager Branch Telkomsel Pekanbaru Eko Atmaja, Manager Network Service Area (NSA) Telkomsel Pekanbaru Artha Abimanyu, Account Management Telkomsel Pekanbaru Risha, dan Manager RAM Telkomsel Pekanbaru Firman Rasyid.

Kepala Diskominfotik Riau, Yogi Getri, dalam sambutannya menyampaikan bahwa rapat ini terkait keinginan Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman, yang menginginkan agar Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau bekerja sama dengan anak perusahaan Telkom tersebut.

“Mengenai kerja sama apa yang dapat dilakukan antara Pemprov Riau dengan Telkomsel akan kami sampaikan kepada Gubernur Riau,” ujar Yogi.

Terkait keinginan Pemprov Riau yang ingin bekerja sama dengan Telkomsel di bidang digital, Manager RAM Telkomsel Pekanbaru Firman Rasyid, mengatakan bahwa kunjungan ini akan digunakan untuk membahas konsep digitalnya seperti apa.

“Telkomsel siap untuk mengakomodir jika ada organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemprov Riau yang ingin membuat sistem yang sifatnya cloud maupun server,” ungkap Firman.

Di lain pihak Manager Branch Telkomsel Pekanbaru Eko Atmaja, menjelaskan bahwa program Telkomsel dalam 2 tahun terakhir tak hanya smart city saja, tapi sudah mengarah ke smart government dan smart ruler. 

“Bahkan dalam tiga tahun terakhir ini Telkomsel melalui program nextdev yang menjadi wadah inkubasi bagi kawula muda tengah berupaya untuk memecahkan berbagai persoalan smart city melalui pengembangan aplikasi,” jelas Eko. 

Telkomsel, kata Eko, siap untuk memberikan layanan telepon gratis unlimited, atau yang lebih dikenal dengan teknologi VPN. Adapun layanan telepon gratis ini sendiri memiliki syarat yakni minimal untuk 50 nomor telepon yang telah didaftarkan, dan nomor tersebut merupakan kartu Halo. 

Selain itu, Eko menyatakan bahwa pihaknya siap menyambut kerja sama dalam hal aplikasi, serta berjanji akan memberikan dukungan. Ke depannya, Yogi berencana akan berkunjung ke Kantor Branch Telkomsel Pekanbaru untuk membahas lebih lanjut terkait kerja sama tersebut. (MC Riau/Zak/Kus)