Objek Wisata Bandar Mutiara Akan Dibangun 2018

:


Oleh MC Kab Agam, Kamis, 23 Februari 2017 | 10:22 WIB - Redaktur: Tobari - 543


Agam, InfoPublik - Objek Wisata (OW) Pantai Bandar Mutiara, Kecamatan Tanjung Mutiara, Kabupaten Agam, menurut rencana akan dibangun tahun 2018, bersamaan dengan lanjutan pembangunan Janjang Saribu di Sungai Janiah, Kecamatan Baso.

“Dulu sudah diajukan ke Pusat, namun ada kekurangan bahan, sehingga kita mesti melengkapinya untuk pengajuan tahun 2018,” ujar Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Agam Hadi Suryadi, Selasa (21/2).

Ia menjelaskan, semua bahan administrasi yang diperlukan sudah dilengkapi. Pegajuan permohonan proyek tersebut dilengkapi dengan rencana anggaran biaya sebesar Rp9,7 miliar. “Semoga dikabulkan untuk pelaksanaan proyek 2018,” ujarnya pula.

Bila itu terwujud, Bandar Mutiara akan menjelma menjadi sebuah destinasi wisata keluarga modern, dilengkapi dengan fasilitas yang dibutuhkan pengunjung.

Di sana akan dibangun taman bermain, area parkir, sarana/prasarana air bersih, mushala, kamar mandi, dan WC. Objek itu juga akan dilengkapi dengan restoran dan rumah makan, gazebo, dan fasilitas pendukung lainnya. Untuk keselamatan pengunjung, juga akan dilengkapi dengan petugas penjaga pantai.

Objek Wisata Ikan Sakti Sungai Janiah, yang semakin terkenal, sudah memiliki tambahan prasarana Janjang Saribu. Tahun depan, direncanakan akan dilanjutkan pembangunannya dengan jalan lingkar, gazebo, dan gerbang baru.

Jalan lingkar tembus ke Bukik Tanjua. Keberadaannya diyakini akan semakin menantang para pencinta wisata adventure menapaki lokasi tersebut. Beberapa gazebo akan dibangun untuk tempat istirahat wisatawan.

Gerbang akan dibangun di Kampeh. Dengan demikian Objek Sungai Janiah akan memiliki dua gerbang nantinya. Saat ini sedang penjajakan tanah lokasi dengan pemilik lahan. Proyek dimaksud akan menghabiskan dana Rp1,4 miliar.

Objek wisata Sungai Janiah bukan milik Pemkab Agam, namun telah menjalin kerja sama dengan Pemkab Agam. Dengan demikian Pemkab Agam membantu pengembangannya,sesuai dengan kapasitasnya.(mc agam/toeb)