Komisi I DPRD Banyuwangi Studi Banding ke Sumenep

:


Oleh MC Kabupaten Sumenep, Selasa, 21 Februari 2017 | 22:38 WIB - Redaktur: R. Mustakim - 354


Sumenep, InfoPublik - Sekretaris Daerah Kabupaten Sumenep Hadi Soetarto menerima kunjungan kerja Komisi I DPRD Banyuwangi dalam rangka studi banding tentang pelaksanaan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak di Sumenep.

Kehadiran rombongan Komisi I DPRD Banyuwangi tersebut diterima Sekdakab Sumenep beserta jajarannya di Ruang Arya Wiraraja kantor Bupati Sumenep, Selasa (21/2).

Dalam paparannya, Sekdakab Sumenep Hadi Soetarto menyampaikan, jika Pemerintah Kabupaten Sumenep telah berhasil melaksanakan pemilihan kepala desa serentak sebanyak tiga kali. Yakni, pertama, tahun 2013 sebanyak 216 desa dalam dua tahap. Kedua tahun 2014 sebanyak 86 desa dalam tiga tahap dan ketiga tahun 2016 sebanyak 18 desa.

“Pemilihan kepala desa serentak di tahun 2014 sudah mengacu kepada Undang-Undang Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa,” ungkapnya.

Dijelaskan mantan Kepala Bappeda Sumenep ini, yang salah satunya bahwa semua pendanaannya dibiayai oleh APBD. Sehingga pemilihan kepala desa gratis di Kabupaten Sumenep saat itu, bisa dikatakan merupakan pemilihan kepala desa gratis pertama di Indonesia.

Penyelenggaraan pemilihan kepala desa serentak di Kabupaten Sumenep diatur dengan regulasi yang jelas, baik melalui Peraturan Daerah (Perda) maupun Peraturan Bupati (Perbup). Pihaknya bersyukur selama tiga kali melaksanakan pemilihan kepala desa serentak, Kabupaten Sumenep tidak menemui halangan dan hambatan apapun.

“Ini berkat kerja sama yang sinergis antara semua pihak, baik pemerintah daerah, pemerintah desa dan pihak keamanan.” tambahnya.

Sementara Ketua Komisi I DPRD Banyuwangi, Susianto mengungkapkan kedatangannya ke Kabupaten Sumenep merupakan salah satu upaya legislator Banyuwangi untuk mengetahui lebih jelas terkait pelaksanaan pilkades serentak yang sudah sukses dilaksanakan di Sumenep.

“Jadi, dengan pengalaman dan upaya yang sudah dilaksanakan di Kabupaten Sumenep juga bisa dilakukan di Kabupaten Banyuwangi untuk pelaksanaan Pilkades serentak agar juga bisa terlaksana dengan sukses, aman dan lancar,” tandasnya. (Ren/Fer)