Pemkot Palembang Bakal Tata Rumah Kumuh Di Bantaran Musi

:


Oleh MC Kota Palembang, Senin, 20 Februari 2017 | 08:06 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 663


Palembang, InfoPublik - Pemerintah Kota Palembang akan menjadikan bantaran Sungai Musi salah satu tujuan wisata.

Hal itu sebagai langkah awal, Pemkot akan menata rumah-rumah kumuh yang banyak berdiri di bantaran sungai tersebut.

“Kita akan tata lebih indah. Rumah terapung milik warga di pinggir sungai jadi potensi wisata air,” ujar Wali Kota Palembang Harnojoyo, Minggu (19/2).

Ia menyebutkan, penataan rumah kumuh dilakukan dengan berbagai cara. Misalnya mengubah posisi depan rumah ke arah Sungai Musi. Saat ini, mayoritas semua rumah terapung posisinya membelakangi Sungai Musi.

Harnojoyo mengatakan, saat ini Pemkot Palembang fokus menata kawasan kumuh di Kecamatan Seberang Ulu II dan Kertapati. Penataan ini untuk menggalakkan program nasional 100 persen pelayanan air bersih dan nol persen persen kawasan kumuh.

“Program penataan percepatan pariwisata ini kita tawarkan ke perusahaan di Palembang, baik melalui Corporate Social Responsibility (CSR), Build Operate and Transfer (BOT) atau kerja sama lainnya,” kata Harnojoyo.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kota Palembang, Saiful, mengatakan, program penataan rumah kumuh yang dilakukan, antara lain, penggantian kayu dinding dan lantai rumah, pengecatan hingga dekorasi lainnya.

Bahkan, pihaknya mengganggarkan dana sebesar Rp 10 juta hingga Rp 20 juta untuk bedah rumah kumuh di Palembang.

“Untuk perbaikan rumah kumuh, kita juga harus melakukan seleksi. Apakah rumah tersebut memang milik yang menempati atau bukan,” ujar Saiful.(MC.Kota Palembang/ Ria Amelia/Hidayatullah/Eyv)