Pemkot Palembang Siap Perbaiki 100 Rumah Kumuh

:


Oleh MC Kota Palembang, Senin, 20 Februari 2017 | 08:10 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 498


Palembang, InfoPublik - Pemerintah Kota Palembang melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang akan mengentaskan kawasan kumuh di Kelurahan Kemang Agung, Kecamatan Kertapati.

Sebanyak 100 warga telah didata untuk masuk dalam program pengentasan kawasan kumuh tersebut. Pendataan melibatkan lembaga swadaya masyarakat setempat.

“Target kita Februari-April ini dimulai perbaikan 100 rumah kumuh. Kita fokus dulu di Kemang Agung, setelah itu di kelurahan lain,” ujar Kepala Dinas PU dan Tata Ruang Kota Palembang, Saiful, Minggu (19/2).

Ia menerangkan, untuk masing-masing rumah dijatah biaya perbaikan di kisaran Rp 15 hingga Rp 20 juta.“Syarat rumah yang akan mendapatkan perbaikan, adalah rumah yang tidak layak secara konstruksi dan  sanitasi,” ujar Saiful.

Ia menambahkan, tahun ini pihaknya menargetkan penataan kawasan kumuh di 30 kelurahan di Kecamatan Seberang Ulu Palembang, melalui dana APBD senilai Rp 30 miliar.

Pada 2016, kata Saiful, dinasnya telah merealisasikan dana Rp 10 miliar untuk penataan kawasan kumuh di bantaran Sungai Musi.

“Pemkot Palembang mencanangkan program 100 0 100, yakni 100 persen sanitasi, zero atau nol kawasan kumuh dan 100 persen pelayanan air bersih. Ini untuk mengurangi kawasan kumuh di pusat kota dan menghentikan munculnya kawasan kumuh baru,” Saiful menerangkan. (MC.Kota Palembang/Wahyu/Hidayatullah/Eyv)