Salam Seger Waras Sedulur Samin Blora Sebagai Ciri Budaya

:


Oleh MC Kabupaten Blora, Kamis, 16 Februari 2017 | 11:54 WIB - Redaktur: Tobari - 1K


Blora, InfoPublik - Tokoh Samin Sikep Dusun Karangpace Desa Klopoduwur Kecamatan Banjarejo, mengikuti Rembug Budaya di Kantor Dinporabudpar, Rabu (15/2).

Mereka menyampaikan salam Seger Waras digunakan dan diucapkan oleh semua warga Blora pada setiap pertemuan sebagai salam ciri khas budaya Samin di Blora. Tujuannya untuk membumikan budaya Samin Blora.

“Bapak Ibu, bangga budaya Samin apa tidak?.  Kalau iya, saya minta dalam setiap pertemuan dan acara apa saja untuk menyampaikan ucapan salam Seger Waras kepada para sedulur. Tujuannya sebagai ciri khas sedulur Samin Sikep Blora,” kata Poso, salah seorang Tokoh Samin Sikep.

Menurutnya, salam Seger Waras bisa disampaikan oleh warga yang tinggal di perantauan sebagai salah satu upaya pengenalan budaya Samin Blora di luar daerah.

Pemerintah kabupaten Blora sudah menginstruksikan penggunaan pakaian hitam yang biasa digunakan sedulur sikep samin. Jadi, kata Poso, sudah sewajarnya kalau budaya dan sikap ajaran Samin dipahami dan dijadikan pebelajaran budi pekerti, khususnya bagi generasi muda.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Blora Drs. Kuto Aji merespon positif apa yang disampaikan oleh tokoh Samin Tokoh Samin Sikep Dusun Karangpace Desa Klopoduwur.

“Saya mengapresiasi, dan siap menggaungkan salam Seger Waras dari Sedulur Samin Sikep dalam setiap acara atau pertemuan,” kata Kuto Aji.

Budaya Samin Blora, kata dia, pada gilirannya nanti akan dijadikan industri pariwisata bersama kesenian dan produk pokdarwis pada paket wisata. “Melalui rembug budaya ini, merupakan ungkapan daya yang luar biasa memajukan kebudayaan di Kabupaten Blora,” jelas Kunto Aji. (MC Kab. Blora/Teguh/toeb)