Rapat Via Teleconference, Sekda Sumsel Puji Fasilitas Banyuasin

:


Oleh MC Kabupaten Banyuasin, Kamis, 16 Februari 2017 | 11:32 WIB - Redaktur: R. Mustakim - 621


Pangkalan Balai, InfoPublik - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan menggelar Rapat Teknis Komunikasi dan Informatika bersama kabupaten dan kota se-Sumatera Selatan melalui teknologi videoteleconference, termasuk Kabupaten Banyuasin.

Rapat dipimpin Sekda Provinsi Sumsel Joko Imam Sentosa di Hotel Swarna Dwipa, untuk Kabupaten Banyuasin dipimpin Asisten Administrasi Umum HM Yusuf, didampingi Kabid Komunikasi Publik Dinas Komunikasi dan Informatika Riduan, di Ruang Command Center Kantor Bupati Banyuasin, Selasa (14/2).

Dalam percakapan melalui video jarak jauh tersebut, Sekda Provinsi Sumsel  sempat memuji ruang command center Pemkab Banyuasin yang terlihat sangat interaktif dan modern.

“Saya harap supaya daerah lainnya untuk mencontoh Banyuasin dalam pengelolaan perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi,” pinta Sekda Joko Imam Sentosa dihadapan peserta rapat.

Selain itu, Joko Imam Sentosa juga menanyakan kesiapan Pemkab Banyuasin dalam rangka pencegahan dan penanggulangan kebakaran lahan. Pertanyaan ini langsung dijawab Asisten Administrasi dengan kesiapan Kabupaten Banyuasin.

“Banyuasin siap pak, kita pergunakan command center ini untuk memantau titik api (hotspot) di Banyuasin melalui satellite,” jawab Asisten didampingi Kabid Komunikasi Publik Diskominfo.

Lebih lanjut sekda mengatakan bahwa rapat yang dilaksanakan kominfo kedepan cukup melalui teleconference saja. Kedepan, Gubernur dan Bupati/Walikota dapat menggelar rapat melalui teleconference sehingga koordinasi dan komunikasi dapat terselenggara dengan efisien dan cepat.

Usai melakukan rapat teleconference, Asisten Administrasi Umum HM Yusuf mengatakan bahwa rapat sudah seharusnya mengadopsi teknologi seperti ini. “Coba kita bayangkan, ini (teleconference-red) sangat membantu, bagi camat yang berada di perairan tentu sangat membantu. Tentu menekan biaya dan waktu cukup banyak. Sudah saatnya kita memanfaatkan tehnologi dalam memperlancar segala urusan pemerintahan,” pintanya.

Hal senada diungkapkan Kabid Komunikasi Publik Riduan, yang mengapresiasi pemanfaatan teknologi video teleconference. “Jadi tidak perlu repot-repot lagi ke kantor bupati jika ada rapat, cukup mengaktifkan video teleconference, kita bisa langsung berkomunikasi. Pimpinan daerah tidak perlu repot-repot memgumpulkan Kepala OPD dan camat, cukup di klik saja,” ujar Riduan sambil tersenyum kecil.

Terpisah, Kabid Infrastruktur dan TIK melalui Kasi integrasi layanan publik Erico Valben, menjelaskan teknologi ini sudah diadopsi Pemkab Banyuasin sejak beberapa tahun belakangan “Acara videoconference (vicon) ini menggunakan aplikasi WebEx sisco meeting yang di pelopori oleh Diskominfo Prov Sumsel, diterapkan oleh Kadiskominfo Erwin Ibrahim,” kata Rico.

Rapat melalui teleconference ini dilakukan bersama enam kabupaten/ kota di Sumsel  yaitu Kabupaten Banyuasin, Kota Prabumulih, Kabupaten Musi Rawas, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Kota Lubuk linggau, dan Kabupaten Ogan Komering Ulu.