Dinas Kesehatan Bersama Tim Penggerak PKK Meranti Gelar Pemeriksaan Ivates

:


Oleh dishubkominfo kab meranti, Kamis, 16 Februari 2017 | 10:24 WIB - Redaktur: Kusnadi - 473


Selatpanjang, InfoPublik - Dinas Kesehatan Kabupaten Meranti bersama Tim Penggerak  PKK Kabupaten Meranti, Selasa (14/2), mengadakan kegiatan pemeriksaan Ivates (Asam Asetat) dalam rangka memperingati Hari Kanker Sedunia dengan tema “We can I can (kita bisa, saya bisa) di Taman Kota Selatpanjang.

Acara ini dihadiri oleh Bupati Meranti  Drs. H. Irwan, M.si,  Sekretaris Dinas Kesehatan Misri  Hasanto, Ikatan Dokter Indonesia, Dr. Azarul, Ketua Tim Penggerak PKK Meranti Hj. Nirwana Sari, SE, dan Seluruh SKPD.

Acara ini dibuka dengan penyematan pin oleh Bupati kepada Ketua Tim Penggerak PKK beserta Wakilnya dan selanjutnya diikuti oleh Sekretaris Dinas Kesehatan, Camat Tebing Tinggi dan tamu lainnya.

Bupati Meranti mengatakan bahwa kegiatan ini sangat  bagus karena dilakukan dalam rangka untuk mengantisipasi agar tidak terjadi kanker pada ibu-ibu yang ada di Meranti, khususnya kanker payudara dan serviks dimana kanker ini menurut para dokter merupakan kanker yang sangat mematikan dan sangat mudah untuk ditularkan .

“Yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan bersama Tim penggerak PKK ini merupakan hal yang sangat mulia, jadi kita harus mendukung,” ujar Bupati Meranti

Dikatakannya juga bahwa untuk melakukan pemeriksaan Iva ini, sudah disediakan beberapa tempat seperti di posyandu, puskesdes, puskesmas dan dalam pemeriksaan itu tidak dipungut biaya atau gratis.

Sekretaris Dinas Kesehatan Meranti, Misri Hasanto menjelaskan,   kanker merupakan penyakit yang berbahaya nomor satu yang terjadi pada ibu-ibu, di antaranya kanker payudara dan rahim atau serviks.

Data menunjukkan bahwa 10 tahun terakhir ada 84 juta orang atau ibu-ibu di seluruh dunia meninggal dunia, dengan itu harus segera dilakukan upaya untuk mencegah sehingga penyakit ini bisa dikurangi dan diatasi  sedemikian rupa.

“Upaya pencegahan dini terhadap ivates merupakan hal yang sangat penting,” ujar Misri Hasanto

Selain itu, ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Meranti Hj. Nirwana Sari, SE mengimbau kepada seluruh ibu-ibu yang ada di Meranti untuk mengikuti pemeriksaan Iva di daerah masing-masing, di mulai dari tingkat kecamatan hingga kelurahan atau desa.

Nirwana juga mengatakan, untuk ke depannya kegiatan ini tidak hanya dilakukan pada peringatan hari kanker saja, pada peringatan Hari Kartini mendatang juga direncanakan hal yang serupa agar masyarakat khususnya ibu-ibu di Meranti selalu waspada dan tetap melakukan pemeriksaan Iva tersebut.

“Kami akan terus mengajak ibu-ibu untuk melakukan pemeriksaan, agar ibu-ibu yang ada di meranti tetap sehat,” ujar Nirwana. (MC Meranti /HS/ip/Kus)