Gresik, InfoPublik - Bupati Gresik Dr. Sambari Halim Radianto secara mendadak menyambangi ruang pelayanan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Kabupaten Gresik, Senin (13/2). 

Didampingi oleh Sekda Gresik Djoko Sulistyohadi, Bupati Sambari menanyai satu per satu orang orang yang sedang mengurus segala perijinan yang ada di tempat pelayanan tersebut.  

"Ngurus apa?. Sudah berapa hari?. Ngurus ijin punya siapa?. Sudah sesuaikah dengan waktu yang ditetapkan?. Pertanyaan-pertanyaan itu disampaikan oleh orang nomor satu di Gresik ini kepada orang orang yang duduk di kursi antrian.  

Bahkan kepada seorang tamu yang sedang mengurus IMB, Sambari bertanya “Kamu diminta uang berapa untuk mengurus izin ini. Jangan sekali-kali memberikan uang, lihat aturannya itu, semuanya gratis,” kata Bupati Sambari disaksikan beberapa orang yang sedang mengurus perijinan di situ. 

Selain kepada pemohon ijin, Bupati juga menyarankan kepada semua operator yang melayani perijinan agar tidak melayani kepada orang yang tidak membawa surat kuasa.

"Kalau bukan yang bersangkutan, atau orang yang membawa surat kuasa, jangan dilayani," ujar Bupati yang saat itu juga didampingi oleh Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Agus Mualif.

Dari sidak yang dilakukan Bupati tersebut, Sekda Gresik Djoko Sulistio Hadi menyatakan sampai saat ini masih terlihat normal dan belum didapat kejanggalan pelayanan. "Dari semua yang ditanyakan Bupati, mereka semua menyatakan bahwa waktu pengurusan normal sesuai dengan jadwal yang ditetapkan,” kata Djoko. 

Sekda juga mengaku, kegiatan sidak ini akan terus dilakukan oleh Bupati setiap saat. Bahkan kalau mungkin, apabila diperlukan setiap hari pun Bupati akan melakukan sidak.

“Tentu tak hanya pada BPMP, semua OPD pelayanan akan selalu disambangi, agar layanan kepada masyarakat bisa sesuai harapan. Setiap saat kami akan menindaklanjuti semua laporan yang disampaikan masyarakat," tambahnya. (Sdm/toeb)