Pemkab Kubu Raya Gelontorkan Bantuan Asuransi Nelayan

:


Oleh MC Kabupaten Kubu Raya, Senin, 13 Februari 2017 | 21:51 WIB - Redaktur: R. Mustakim - 544


KubuRaya, InfoPublik - Pemerintah Kabupaten Kubu Raya menggelontorkan bantuan berupa santunan asuransi kepada para nelayan di Kabupaten Kubu Raya.

Asuransi ini merupakan program dari pemerintah yang disalurkan di setiap kabupaten/kota untuk menjamin kepastian dan juga keselamatan kerja bagi para nelayan sebab risiko kerjanya sangat tinggi.

Penyerahan secara simbolis dilaksanakan di Desa Sepuk Laut Kecamatan Sungai Kakap, Kubu Raya, kepada salah satu ahli waris dari nelayan yang telah meninggal dunia saat menjalankan profesinya sebagai nelayan. Saat ini nelayan Kubu Raya yang sudah terdaftar adalah 4.293 nelayan di seluruh daerah pesisir.

Bupati Kubu Raya Rusman Ali menyadari masih banyak nelayan yang belum terdata dan belum terdaftar, yang ditandai dengan kepemilikan kartu nelayan. Hal ini, menurutnya memerlukan kerja keras dari DKP Kubu Raya untuk jemput bola memetakan dengan meminta bantuan kepada para camat dan kepala desa khususnya di daerah pesisir.

“Saya minta kepada DKP untuk bekerja keras agar semua nelayan terdaftar dan dapat menerima manfaat dari asuransi nelayan yang diberikan oleh pemerintah," ujar Bupati Rusman Ali, Kamis (9/2)

Santunan ini menurutnya terdiri dari dua jenis yaitu kecelakaan pada saat melaut dan kecelakaan saat di darat. Besaran asuransi bila meninggal dunia di laut adalah Rp 200 Juta, cacat tetap Rp 100 Juta, dan biaya perawatan Rp 20 Juta.

Sementara untuk yang di darat meninggal dunia sebesar Rp 160 juta, cacat tetap dan biaya perawatan besarannya sama seperti di laut yaitu Rp 100 Juta dan Rp 20 Juta.  Dengan besaran seperti itu, premi yang dibayarkan sebesar  Rp 175 Ribu.

Ditempat yang sama, Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan Kubu Raya Abdul Rani menjelaskan, santunan asuransi ini diberikan kepada nelayan yang sudah mempunyai kartu nelayan. Dengan kartu nelayan tersebut, asuransi ini sudah bisa diproses. Sebanyak 4.293 nelayan sudah memiliki kartu nelayan. Sesuai informasi yang diperoleh, ada perubahan petunjuk teknis mengenai asuransi nelayan ini.

“Dengan kartu nelayan saja, para nelayan sudah bisa didaftarkan secara online. Ada sekitar 5.000 nelayan di Kubu Raya.  Kita akan usahakan semuanya memiliki kartu nelayan,” jelas Abdul Rani.

Sementara itu, salah satu ahli waris nelayan penerima manfaat dari Hamid Rasid yang ditemui usai penyerahan, mengungkapkan rasa terimakasihnya karena adanya santunan asuransi ini. Nelayan tersebut sangat berharap bantuan apapun bentuknya untuk nelayan bisa terus digulirkan dan disalurkan kepada nelayan di Kubu Raya. Hal itu diharapkan untuk meningkatkan kesejahteraan para nelayan.

“Kami dari pihak nelayan sangat berterimakasih dengan adanya program santunan asuransi ini. Semoga bantuan kepada para nelayan bertambah dan terus digulirkan,” imbuhnya. (MC KubuRaya/Hms/irdiansyah)