Karanganyar, InfoPublik - Sebanyak 2000 bibit pohon ditanam di lereng Gunung Lawu untuk konservasi hutan dan penyangga air di Kabupaten Karanganyar.

Penanaman pohon itu digagas oleh OSIS SMA Negeri Karangpandan, dengan melibatkan 200 pelajar perwakilan dari berbagai sekolah SMA/SMK/MA di Kabupaten Karanganyar, Minggu (12/02) di Telaga Madirda, Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar.

“Kita sebagai pemuda sudah selayaknya mencegah dan menangulangi kerusakan hutan, melestarikan lingkungan dan mencegah efek global warming, dengan cara konservasi hutan,” kata Ketua Panitia, Prima Sukma Putri Perdana, saat ditemui dilokasi.

Program penghijauan itu dinamai Think Green #3 2017 sudah ketiga kalinya diadakan. Sebelumnya, kegiatan itu juga pernah dilakukan di kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) KGPAA Mangkunegoro I.

“Hari ini kami menanam bibit pohon antara lain ringin, akasia, prih dan luh di kawasan Petak 16, wilayah Kecamatan Ngargoyoso,” kata Ketua Panitia.

Sementara itu, ditempat yang sama, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Karanganyar, Tarsa, mengatakan, atas nama Pemerintah Kabupaten Karanganyar, sangat mendukung program tersebut, apalagi penyelenggara dari pelajar yang peduli alam.

“Kami sangat mendukung upaya pelestarian hutan dari pelajar-pelajar ini. Namun setelah ditanam jangan terus ditinggalkan begitu saja, adakalanya meluangkan waktu untuk melihat pohon yang ditanam, dipelihara dan dijaga dengan baik,” katanya.

Pada akhir acara pembukaan, dilakukan penanaman pohon secara simbolis oleh sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Karanganyar.(mc karanganyar/pd/eyv)