Pemkab Agam Akan Latih 82 Peserta Imam dan Khatib Tahun 2017

:


Oleh MC Kab Agam, Jumat, 10 Februari 2017 | 12:05 WIB - Redaktur: Tobari - 242


Agam, InfoPublik - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Agam, Sumatera Barat, akan melatih imam dan khatib bagi 82 peserta pada tahun 2017, sebagai salah satu upaya meningkatkan kapasitas, pengetahuan, pemahaman, dan wawasan tentang keagamaan.  .

Kasubag Agama Bagian Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) Setda Agam Yosman, Senin (6/2), di Lubuk Basung mengatakan, pelatihan imam dan khatib ini telah dianggarkan pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Agam tahun 2017. Masing-masing nagari mengirimkan utusan satu orang.

Ditambahkan, imam dan khatib bukan hanya sekedar pemimpin dalam shalat berjamaah dan petugas khutbah Jum’at semata. Hakikinya, imam merupakan orang yang menjadi panutan, tauladan, dan pemimpin yang diikuti seluruh jamaah.

“Demikian juga dengan khatib yang akan membimbing umat memberikan tausyiah, mencari solusi terhadap permasalahan umat sesuai dengan ajarah Islam, seperti tertuang dalam Al Qur’an," katanya. 

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Agam telah melaksanakan pelatihan imam dan khatib sebanyak 400 orang di mulai tahun 2012 sampai sekarang.  

Terlebih Kabupaten Agam memiliki sekitar 526 masjid, 583 Mushola dan 729 surau, tentunya sangat sulit memenuhi kebutuhan ketersediaan imam dan khatib. Karena itu, perlu adanya regenerasi terhadap imam dan khatib di setiap nagari, agar terus memiliki kader imam dan khatib masjid/musala yang berkualitas.(mc agam/toeb)