Walikota H. Mahyeldi UKS Harus Dikelola Dengan Baik

:


Oleh MC Kota Padang, Rabu, 8 Februari 2017 | 18:33 WIB - Redaktur: Tobari - 464


Padang, InfoPublik – Bagian Kesra Pemkot Padang  menggelar kegiatan Penguatan Tim Pembina dan Tim Pelaksana Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) se-Kota Padang, yang diikuti 200 peserta.

Bertindak selaku Tim Pembina terdiri dari SKB 4 Menteri tingkat kota, Tim Pembina tingkat kecamatan serta Kepala Sekolah sebagai Tim Pelaksana UKS di tingkat kecamatan.

“Maka keberadaan UKS memiliki arti penting di sekolah, baik dalam hal kesadaran lingkungan, pentingnya  pendidikan dan  kesehatan bagi para murid di sekolah,” kata Walikota Padang H. Mahyeldi Ansharullah Dt Marajo dalam memberikan arahan di aula Dinsosnaker Provinsi Sumbar, Padang, Rabu (8/2).

Untuk itu, sinergi dari Tim Pembina UKS di sekolah harus  maksimal. Sehingga akan terbentuklah karakter, kesadaran dan perilaku yang senantiasa peduli terhadap kesehatan bagi anak-anak di sekolah.

Jadi, kegiatan penguatan ini penting bagi Tim Pembina dan Tim Pelaksana UKS dimasa mendatang. Sehingga setelah itu diharapkan mampu menanamkan kesadaran serta mendidik peserta didik di sekolah untuk senantiasa menjaga kesehatan dan lingkungannya.

Tidak membuang sampah sembarangan, pengetahuan dalam memberikan bantuan medis serta berbagai pengetahuan kesehatan lainnya.

UKS merupakan program di sekolah yang strategis, dan bagian yang mendasar dan bermanfaat bagi kesehatan murid di sekolah. “Sehingga, ketika mereka keluar dari jenjang pendidikan nantinya, bagaimana nilai-nilai tentang kesehatan itu tetap terbangun dan terpatri dalam kesehariannya,” kata Walikota H. Mahyeldi.

Sementara Kepala Bagian Kesra Jamilus menyampaikan tujuan kegiatan penguatan Tim Pembina dan Tim Pelaksana Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) se-Kota Padang tersebut untuk memberikan pengetahuan dan penguatan bagi Tim Pembina UKS di tingkat Kota Padang, kecamatan serta kepada Tim Pelaksana UKS di sekolah.

Dan beberapa rangkaian kegiatan yang menyangkut dengan UKS, seperti pelayanan kesehatan, pendidikan kesehatan dan lingkungan sekolah bersih. Sosialisasi dan penguatan ini dilakukan setiap tahun dan akan dievaluasi di akhir tahun.

Alhamdulillah dari hasil evaluasi tahun lalu, program UKS di Kota Padang mulai dari TK, SD, SMP dan SMA sederajat mengalami peningkatan. Hasilnya ada sekolah yang mewakili Kota Padang dalam penilaian di tingkat Provinsi hingga ke tingkat pusat

Lancarnya program UKS  tergantung Tim Pembina dan Tim Pelaksana, berdasarkan hal tersebut mari satukan pikiran dan pendapat agar program UKS senantiasa berjalan dengan baik dan sukses. (MC Padang/Irwandi Rais/toeb)