Warga Antusias Hadiri Job Fair Keliling di Jatiuwung Kota Tangerang

:


Oleh MC Kota Tangerang, Rabu, 8 Februari 2017 | 18:54 WIB - Redaktur: Tobari - 538


Tangerang, InfoPublik - Ratusan warga kota Tangerang antusias mendatangi kantor Kecamatan Jatiuwung dalam kegiatan Job Fair Keliling dalam rangka HUT kota Tangerang ke-24, yang diselenggarakan pemerintah kota Tangerang, dalam hal ini Dinas Ketenagakerjaan. 

Kegiatan ini nantinya akan digulirkan  di 13 kecamatan kota Tangerang hingga 2 Maret 2017 mendatang, dua hari sebelumnya telah diselenggarakan di kecamatan kota Tangerang dan Cibodas.  Adapun tujuan penyelenggaraan kegiatan  yakni dalam rangka menyambut HUT kota Tangerang ke 24.

Kegiatan Job Fair keliling yang menjadi satu terobosan pemerintah kota Tangerang dalam menyerap tenaga kerja produktif ini, diikuti oleh tujuh perusahaan di antaranya Prudential, Arta Boga Cemerlang, PT Dinasti Sejahtera Bersama, PT Bank DBS, PT Usaha Saudara Mandiri, PT Puramayungan dan PT Powerindo Mitra Perkasa.

Kepala Dinas  Ketenagakerjaan kota Tangerang Moh. Rakhmansyah, Rabu (8/2), menjelaskan bahwa Job Fair Keliling ini untuk masyarakat di tingkat kelurahan yang lokasi pelaksanaan kegiatan ada di kecamatan.

Sekarang adalah hari ketiga yang pelaksanaannya ada di kecamatan Jatiuwung, selain itu pelaksanaan kegiatan ini juga dalam rangka HUT kota Tangerang yang bertujuan menyerap angka pengangguran yang ada.

"Saat ini peserta yang hadir sekitar 800 orang, mungkin bisa lebih. Kemudian untuk lowongan yang ada saat ini kita sediakan sekitar 500 lowongan pekerjaan dari tujuh perusahaan. Kita berharap dengan adanya job fair ini angka pengangguran berkurang, sehingga warga usia produktif dapat bekerja," jelasnya.

Ia menambahkan, bahwa saat ini dengan angka pengangguran yang ada sekitar 74.000, kemudian penduduk usia produktif ada 54.000 diharapkan mampu  terserap dengan baik. Pada tahun lalu, pihaknya mengaku telah mengurangi angka pengangguran sekitar 2,5%.

"Di kota Tangerang ada sekitar 2.700 perusahaan yang kami dorong untuk dapat berperan aktif bersama pemerintah dalam menekan angka pengangguran yang saat ini ada. Kami lakukan komunikasi intens dengan pihak perusahaan," bebernya.

Neng Riska petugas Human Resource Decelopment (HRD) PT Usaha Saudara Mandiri, menjelaskan dalam kegiatan ini membuka kesempatan kerja dengan berbagai posisi, yaitu sebagai operator, customer service, administrasi, delivery dan marketing.

"Karena kami bergerak di bidang manufaktur, saat ini kami banyak membutuhkan tenaga kerja operator yang setiap tahunnya jumlah terus meningkat. Dalam kegiatan Job Fair keliling ini, kami telah menerima ratusan pelamar, lebih banyak dibandingkan kegiatan Job fair di mal," ungkapnya, Rabu (8/2).

Ia menambahkan bahwa kegiatan seperti ini dirasa sangat efektif dalam menyerap tenaga kerja yang produktif. "Kami berharap kegiatan ini dapat berkala diselenggarakan dan disebar informasinya sehingga dapat menyerap tenaga kerja yang optimal," katanya.

Iksahnudin petugas dari PT Dinasti Sejahtera Bersama mengatakan keikutsertaan dalam Job Fair keliling ini dalam rangka partisipasi menyambut HUT kota Tangerang ke 24.

"Perusahaan kami bergerak dalam bidang jasa keuangan, saat ini membutuhkan tenaga pemasar, konsultan keuangan. Untuk standarisasi penerimaan pelamar dengan tingkatan pendidikan mulai dari SLTA hingga S1,"katanya.

Salah seorang peserta job fair keliling, Yeni Safitri, mengatakan senang dan terbantu dengan adanya kegiatan ini. Pasalnya, bagi perempuan yang juga tinggal di Jatiuwung ini dirinya tidak perlu jauh- jauh mencari pekerjaan ke Jakarta.

"Saya berharap dapat pekerjaan di Tangerang, selain dekat dengan rumah saya juga ingin berpartisipasi bagi kota Tangerang," katanya. 

Salah satu peserta lainnya, M Ilham Rifai warga Cibodas mengaku antusias mengikuti Job Fair Keliling ini,  meski sudah antri hadir sejak pukul 08.00 dirinya yang datang bersama temannya bersemangat untuk melamar pekerjaan.

"Adanya Job Fair keliling ini sangat membantu kami yang ingin mencari pekerjaan, kami jadi mudah apalagi dilaksanakan di tingkat kecamatan," ucapnya. (MC Kota Tangerang/toeb)